Luhut Sebut Pelabuhan Patimban Kurangi Kepadatan Lalu Lintas Jakarta

Image title
26 Juni 2018, 16:44
Luhut Binsar Pandjaitan
Arief Kamaludin|KATADATA
Menko Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan proyek Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, dapat mengurangi kepadatan lalu lintas di Jakarta. Pelabuhan ini akan terintegrasi dengan kawasan ekonomi industri terpadu yang akan dibangun.

Pemerintah berencana membangun kawasan ekonomi industri terpadu Bekasi-Karawang-Purwakarta (Bekapur). Luhut akan membawa pembahasan rencana proyek ini dalam rapat terbatas yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo.

Nantinya akan banyak industri yang diarahkan masuk dalam kawasan Bekapur. “Sehingga semua industri yang ada di sana (Bekapur) akan keluar dari Pelabuhan Patimban, bukan dari Pelabuhan Tanjung Priok,” kata Luhut usai bertemu dengan Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kano di kantornya, Jakarta, Senin (5/6).

Alasan lain yang diungkapkan Luhut, orang-orang yang memiliki tujuan ke Bekapur diprediksi menggunakan Bandara Kertajati. Mereka tidak perlu lagi melalui Bandara Halim Perdanakusuma atau Bandara Soekarno Hatta. 

Beberapa alasan ini yang membuat Luhut yakin kepadatan di Jakarta akan berkurang dengan beralihnya tujuan-tujuan pengiriman logistik melalui Pelabuhan Patimban. “Traffic lalu lintas di Jakarta akan berkurang juga,” katanya.

(Baca: Menhub Targetkan Lelang Operator Pelabuhan Patimban Juni 2018)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...