Hitung Jumlah Kader, PDIP Klaim Menang Banyak di Pilgub 2018

Dimas Jarot Bayu
29 Juni 2018, 10:48
Massa PDIP
ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko
Massa PDIP saat kampanye Pilada 2018 di lapangan GOR Lembupeteng, Tulungagung, Jawa Timur, Kamis (21/6/2018).

Berdasarkan perhitungan cepat (quick count), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memenangkan tujuh dari 17 Pemilihan Gubernur Serentak 2018 atau memperoleh keberhasilan sebesar 41%. Sementara di tingkat kabupaten/kota, PDIP memenangkan 71 dari 151 Pemilihan Bupati/Walikota yang diikuti.

PDIP mengklaim kemenangan mereka paling tinggi dari partai lain bila dilihat dari jumlah kader yang didukung.

Advertisement

"Dalam konteks itu, kami berhasil melawan pragmatisme mengambil sembarang tokoh yang tidak jelas asal usul ideologi dan komitmennya. PDIP kukuh mengajukan kader untuk maju Pilkada," kata Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto di DPP PDIP, Jakarta, Kamis (28/6).

Kader PDIP yang menjadi gubernur versi hitung cepat, yakni Ganjar Pranowo di Jawa Tengah, I Wayan Koster di Bali, Jhon Wempi Wetipo di Papua, serta Murad Ismail di Maluku. Ada pun, kader PDIP yang menjadi wakil gubernur versi hitung cepat, antara lain Barnabas Orno di Maluku, Al Yasin Ali di Maluku Utara, dan Cok Ace di Sulawesi Selatan.

(Baca juga: Kekalahan PDIP di Pilkada Dinilai Jadi Ancaman di Pemilu 2019)

PDIP mencatat dalam ajang Pilgub, tokoh nonpartai yang memenangkan posisi gubernur sebanyak dua orang dan empat orang memenangkan posisi wakil gubernur.

Adapun dari kader Golkar yang memenangkan Pilgub sebanyak satu gubernur dan tiga wakil gubernur. Kader Nasdem memenangkan tiga posisi gubernur dan satu posisi wakil gubernur.

Untuk PKS, jumlah kader yang memenangkan posisi gubernur sebanyak tiga orang, sementara satu orang berhasil menjadi wakil gubernur. Sementara kader PPP yang menjadi gubernur sebanyak satu orang dan dua orang menjadi wakil gubernur.

Kader PKB memenangkan satu posisi gubernur dan satu posisi wakil gubernur. Kader PAN dan PKPI masing-masing hanya memenangkan satu posisi gubernur.

Tabel Kader Partai yang Memenangkan Pilgub 2018

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement