Jokowi Serahkan 5.000 Sertifikat Lahan di Kota Kelahiran Habibie

Ameidyo Daud Nasution
2 Juli 2018, 16:27
Sertifikat Tanah Jokowi
www.setkab.go.id
Presiden Jokowi menyerahkan sertifikat hak atas tanah untuk rakyat di Lapangan Andi Makasau, Kelurahan Mallusetasi, Kecamatan Ujung, Kota Parepare, Senin (2/7).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini membagikan serifikat tanah di kota kelahiran Presiden ketiga Indonesia Baharuddin Jusuf Habibie yakni Pare-pare, Sulawesi Selatan. Totalnya ada 5.000 sertifikat lahan yang dibagikan Jokowi  di wilayah tersebut hari ini.

"Saya senang hari ini hadir di Parepare, ini kota kelahirannya pak B.J. Habibie," kata Jokowi dalam keterangan resmi Sekretariat Presiden, Senin (2/7). Adapun penerima berasal dari sejumlah wilayah Sulsel seperti Kota Makassar, Kabupaten Parepare, Kabupaten Gowa, hingga Kabupaten Sidrap.

Seperti yang kerap disampaikan, Jokowi akan terus membagikan sertifikat lahan kepada masyarakat. Salah satu alasannya,  masih banyak lahan masyarakat yang belum tersertifikasi. Hingga 2015, masih ada 80 juta lahan belum bersertifikat. Sementara, selama ini Badan Pertanahan Nasional (BPN) hanya menerbitkan 500 hingga 600 ribu sertifikat setiap tahun. Artinya, butuh waktu 160 tahun untuk dapat mensertifikasi seluruh wilayah Indonesia.

(Baca: Jokowi Tegaskan Tidak Ada Pengibulan Terkait Sertifikat Tanah)

Presiden telah memerintahkan BPN menambah jumlah penerbitan sertifikat lahan dan diserahkan kepada masyarakat. Untuk tahun lalu, dia meminta lembaga yang dipimpin Sofyan Djalil ini menerbitkan 5 juta sertifikat. "Jadi dari 500 ribu lompat 10 kali jadi 5 juta," kata dia.

Jokowi manilai BPN telah mampu menjalankan perintah tersebut tahun lalu. Dia pun berterima kasih kepada seluruh kantor BPN di Indonesia atas capaian target ini. Keberhasilan ini membuat Jokowi optimistis BPN mampu mengejar target tahun ini sebanyak 7 juta sertifikat.

Bagi masyarakat, sertifikasi lahan dapat memperjelas status tanah yang dimilikinya. Jokowi mengatakan dengan memegang surat tanah, masyarakat bisa terhindar dari sengketa lahan. "Karena hak hukum menjadi jelas, yang dikuasai berapa, jadi jelas sekali." ujar Jokowi.

(Baca: Bali Akan Jadi Provinsi Pertama yang 100% Tanahnya Bersetifikat)

Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...