Kalah di Pilgub Jateng, Sudirman Said Tetap Diminta Garap Konstituen

Dimas Jarot Bayu
2 Juli 2018, 17:29
Sudirman Said dan Ida Fauziah
ANTARA FOTO/Reno Esnir
Calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah Sudirman Said dan Ida Fauziah tersingkir berdasarkan hasil perhitungan cepat.

Hasil perhitungan cepat dari berbagai survei menyatakan pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah kalah bersaing dengan Ganjar Pranowo-Taj Yasin dalam Pilkada Jawa Tengah. Misalnya, hitung cepat versi Saiful Mujani Research Center (SMRC) menyatakan perolehan suara Ganjar-Yasin sebesar 58,58%, dan Sudirman-Ida mendapatkan elektabilitas sebesar 41,42%.

Meski kalah versi perhitungan cepat, Presiden PKS Sohibul Iman menilai Sudirman-Ida dalam Pilkada Jawa Tengah memperoleh capaian luar biasa. Sohibul menilai Sudirman-Ida cukup berhasil meningkatkan elektabilitas hingga di atas 40%. 

Advertisement

"Di sini, mereka sekalipun kalah secara nominal, tapi ini adalah kekalahan bermartabat dan membanggakan," kata Sohibul di Kantor DPP PKS, Jakarta, Senin (2/7).

Sohibul pun meminta agar Sudirman-Ida tetap menjaga konstituen yang telah diraihnya dalam Pilkada Jawa Tengah. Ini dilakukan dengan tetap menyerap dan terus berkomunikasi meski nantinya tak menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur.

"Pekan depan Mas Dirman akan mendatangi konstituen itu dan mengucapkan terima kasih kepada mereka," kata Sohibul.

Langkah ini untuk menjaga suara konstituen untuk menghadapi pemilihan legislatif dan pemilihan presiden 2019. 

Sudirman Said sendiri telah menerima kekalahan berdasarkan hasil berbagai perhitungan cepat Pilkada Jawa Tengah. Namun, Sudirman bakal memberikan catatan atas penyelenggaraan pilkada tersebut.

(Baca juga: Evaluasi Pilgub Jabar, Golkar Khawatirkan Elektabilitas Jokowi)

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement