Pemerintah Saling Lempar Penyelesaian Kisruh Mogok Pilot Garuda

Image title
4 Juli 2018, 10:59
Garuda Indonesia
Donang Wahyu|KATADATA

Kisruh di tubuh PT Garuda Indonesia antara jajaran manajemen dan Asosiasi Pilot Garuda Indonesia (APG) serta Serikat Karyawan Garuda Indonesia (Sekarga) tak kunjung selesai. Hingga kemarin, para pilot Garuda masih berkukuh akan mogok kerja bila tuntutan mereka tak terpenuhi.

Melihat situasi tersebut, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menyatakan tidak tahu akan perkembangan terakhir di maskapai penerbangan pelat merah tersebut. Dia merasa tugasnya sebagai mediator kedua pihak sudah usai.

Advertisement

Selanjutnya, proses penyelesaian ini ia lempar menjadi beban anggota gugus tugas yang memang sengaja dibentuk untuk membenahi masalah tersebut, yaitu Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). “Sudah kami selesaikan. Biar Menteri BUMN Rini Soemarno yang selesaikan,” kata kata Luhut di kantornya, Jakarta, Selasa (3/7).

Sebelumnya, Luhut menilai konflik yang terjadi antara manajemen Garuda dan para pilot sebagai persoalan komunikasi. Pada awal bulan lalu, dia masih optimistis konflik yang berbuntut ancaman mogok pilot  dapat segera diselesaikan karena persoalan tak terlalu serius.

Dalam menyelesaikan maslah inilah dibentuk satuan tugas (satgas) untuk memediasi manajemen dan para pilot. Satgas dipimpin oleh Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim Purbaya Yudhi Sadhewa. Adapun, anggotanya berasal dari Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, Kantor Staf Presiden.

“Dari Garuda dan asosiasi tidak kami ikutkan. Mereka akan minta pendapatnya, apa sih selisih mereka,” kata Luhut ketika itu. Harapannya, pada awal Juli saat ini sudah selesai. (Baca juga: Garuda Jamin Tidak Ada Mogok Pilot pada Puncak Mudik Lebaran)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement