Driving Indonesia's Oil and Gas Global Competitiveness

Penulis: Tim Publikasi Katadata

Jum'at 6/7/2018, 17.00 WIB

Upaya perbaikian tata kelola migas telah dilakukan Pemerintah untuk menggairahkan kembali iklim investasi. Investor mengapresiasi langkah tersebut.

Driving Indonesia's Oil and Gas Global Competitiveness
Katadata

Investasi eksplorasi migas dunia selama 10 tahun terakhir mengalami pasang surut, terutama dalam tiga tahun terakhir di mana harga minyak dunia mengalami penurunan yang signifikan. Sejumlah negara mengalami tren kenaikan investasi, namun tak sedikit pula yang mengalami tren sebaliknya.

Indonesia masuk dalam kelompok negara yang mengalami tren penurunan investasi yang signifikan. Jika tidak diatasi segera, kondisi tersebut dapat mengancam ketahanan energi nasional dan akan menggerus devisa negara, karena ketergantungan yang besar terhadap impor migas guna memenuhi kebutuhan domestik yang meningkat.

Serangkaian upaya memperbaiki tata kelola migas telah dilakukan Pemerintah untuk menggairahkan kembali iklim investasi di tanah air. Investor mengapresiasi usaha yang sangat baik dari Pemerintah. Usaha ini akan memberikan dampak yang signifikan dengan kejelasan peraturan pelaksana dan kepastian di awal agar investor dapat membuat keputusan sebelum berinvestasi (prinsip in-advance notification).  

Ditambah butuh terobosan-terobosan yang implementatif seperti insentif perpajakan yang kompetitif, proses perizinan yang lebih cepat dan efisien, serta adanya kepastian peraturan. Terobosan dan kepastian di awal tersebut akan meningkatkan keekonomian proyek-proyek migas sehingga pada akhirnya mendorong daya saing migas Indonesia dalam menarik minat investor untuk berinvestasi di Indonesia.

 

Disclaimer

The information in this book is true and complete to the best of our knowledge. The author and publisher disclaim any liability in connection with the use of this information.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha