Semester I-2018, SMI Salurkan Pembiayaan Infrastruktur Rp 77 Triliun

Image title
10 Juli 2018, 17:59
Infrastruktur Tol Salatiga
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) mengungkapkan telah menyalurkan pembiayaan untuk pembangunan proyek infrastruktur sebesar Rp 77 triliun sepanjang semester I tahun ini. Mayoritas pembiayaan ini disalurkan ke proyek transportasi dan kelistrikan.

Direktur Utama SMI Emma Sri Martini mengatakan sektor transportasi memiliki banyak subsektor di bawahnya seperti jalan tol, pelabuhan, dan bandara yang juga dibiayai oleh SMI. “Tol road sekarang masih mendominasi karena masih gencar tol Trans Jawa, Trans Sumatera, SMI juga banyak membantu PT Hutama Karya yang mendapat penugasan dari pemerintah untuk bisa closing pembiyaan-pembiayaan Tol Trans Sumatera,” kata Emma di Jakarta, Selasa (10/7).

Advertisement

Dari total capaian penyaluran pembiyaan infrastruktur tersebut, Emma mengatkan baru sekitar Rp 35 triliun dana yang sudah ditarik oleh debiturnya. Artinya, masih ada Rp 42 triliun dana yang belum ditarik oleh nasabah SMI. “Kalau outstanding total ada Rp 35 triliun yang sudah ter-disbursed. Kalau pembiayaan kan disburse (dicairkan) mana kala progresnya sudah mencapai titik tertentu,” katanya.

(Baca: Jaga APBN, Pemerintah Gencar Buat Skema Baru Pembiayaan Infrastruktur)

Capaian penyaluran pembiayaan ini mengalami sedikit hambatan, sehingga membuat beberapa proyek mengalami keterlambatan. SMI berkommitmen untuk mengejarnya pada paruh kedua 2018. Meski terkendala, Emma mengatakan capaian ini masih sesuai dengan rencana perusahaan.

Dia berharap di akhir tahun ini, penyaluran pembiayaan infrastruktur dapat sesuai target yang terdapat di Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement