Menengok Canggihnya Kantor Cabang DBS di Singapura

Pingit Aria
12 Juli 2018, 08:00
DBS Plaza Singapura
DBS
Kantor cabang DBS Plaza Singapura yang mengusung konsep gaya hidup.

Mengadopsi pendekatan gaya hidup, kantor cabang DBS yang berada di Plaza Singapura sama sekali tak tampak seperti bank. Meski terkesan kasual dengan ruang terbuka dan perabot penuh warna, kantor cabang DBS ini juga dijejali teknologi tinggi.

Pengunjung akan langsung menemukan kafe Bettr Barista begitu melangkahkan kaki ke kantor cabang bank yang berada di lantai bawah pusat perbelanjaan ini. Pengguna kartu DBS akan mendapat potongan harga 20% untuk setiap pembelian.

Bettr Barista merupakan social enterprise binaan DBS. “Mereka mempekerjakan banyak orang dari kalangan marjinal,” Luisito Lopez, Deputi Service Manager DBS Plaza Singapura, Rabu (11/7).

Sistem antrean dapat dilakukan melalui layanan pesan singkat (SMS). Dengan begitu, pengunjung tak perlu menunggu lama untuk mendapat layanan perbankan. Toh, banyak layanan yang dapat dilakukan secara otomatis, 24 jam sehari. 

(Baca juga: Bank Mandiri, BNI dan DBS Paling Gencar Promosikan Layanan Digital)

Mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di sini bisa digunakan untuk mengambil, sekaligus menyetor uang tunai. Akhir tahun lalu, DBS telah memasang 90 mesin serupa di 30 titik di seluruh Singapura. Keberadaannya diklaim menurunkan transaksi tunai melalui teller hingga 48% untuk nasabah personal, dan 22% nasabah korporasi.

Mesin-mesin ini diklaim tak pernah kehabisan uang tunai karena sistem akan menganalisis data dari pola transaksi. Selain itu, dengan skema daur ulang, uang yang disetorkan oleh nasabah itulah yang akan didapat oleh nasabah lain yang menarik uangnya. "Ini menghemat biaya operasional,” kata Christine Tan, Branch Service Manager DBS Plaza Singapura.

Selanjutnya ada Video Teller Machine (VTM). Alat ini akan sangat membantu Anda yang sering kehilangan kartu debit. Bagaimana tidak, penggantian kartu, hingga token e-banking bisa dilakukan sendiri dalam hitungan menit tanpa dipungut biaya.

Halaman:
Reporter: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...