Jokowi Minta Zohri Berlatih Keras Untuk Asian Games

Penulis: Ameidyo Daud

Editor: Pingit Aria

Rabu 18/7/2018, 18.12 WIB

Jokowi dan Zohri bertemu di Istana Bogor.

Lalu Muhammad Zohri dan Jokowi
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Juuara Dunia lomba lari 100 meter U-20, Lalu Muhammad Zohri bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Bogor, Rabu (18/7).

Presiden Joko Widodo bertemu dengan juara dunia lari 100 meter U-20 Lalu Muhammad Zohri di Istana Kepresidenan Bogor. Pertemuan yang dimulai pada pukul 14.00 siang tadi berlangsung 30 menit.

Usai pertemuan, Jokowi meminta pemuda Nusa Tenggara Barat tersebut berlatih keras untuk mempersiapkan diri jelang Asian Games. Sebab, dalam ajang yang digelar pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 itu, Zohri akan bertanding di level senior.

Dalam pertemuan tersebut Zohri memberitahu bahwa lawan-lawan yang diprediksi jadi pesaing tangguh berasal dari Jepang, Tiongkok, Qatar, hingga Korea Selatan. "Tetap berusaha sekeras mungkin mempersiapkan diri," kata Jokowi, Rabu (18/7).

Dalam kesempatan ini Jokowi juga menjelaskan bahwa renovasi rumah Zohri akan dimulai secepatnya. Jokowi langsung mengirimkan Direktur Jenderal dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk meninjau rumah Zohri begitu gelar juara didapatkan. "Semua sudah, tinggal pelaksanaannya saja," kata dia.

(Baca juga: Emas 1 Kg dan Uang Rp 250 Juta untuk Juara Lari Dunia Lalu Zohri)

Jokowi juga berharap nantinya akan ada Zohri lain yang dapat menyumbang medali emas kepada Negara. Untuk itu, pemerintah akan membentuk sebuah badan yang berfungsi memantau bakat dan talenta warga negara, dari oleh raga, seni, hingga eksakta.

Dengan basis data yng tepat, pemerintah bisa mengeluarkan kebijakan pemacu bakat. "Ini baru diproses dan digodok di Kantos Staf Kepresidenan," katanya.

Sedangkan Zohri mengaku sempat diajak berkeliling Istana Bogor dan diberi wejangan oleh Jokowi. Pesannya adalah agar dirinya tetap bersemangat latihan, dan tetap rendah hati karena kariernya sebagai pelari masih panjang. "Saya terima kasih sehingga bisa melihat Istana," kata dia.

(Baca: Pemerintah Beri Jatah Khusus kepada Zohri Menjadi PNS Kemenpora)

Reporter: Ameidyo Daud

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha