Kepala Bappenas: Kemiskinan Turun Tak Hanya Karena Bansos

Ameidyo Daud Nasution
19 Juli 2018, 19:19
Bambang Brodjonegoro
Arief Kamaludin|Katadata

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro membantah pernyataan beberapa pihak yang menuduh angka kemiskinan bisa turun hanya karena pemerintah masif memberikan bantuan sosial (Bansos). Menurutnya, tugas pemerintah memang seharusnya menekan angka kemiskinan dengan kebijakan jangka pendek dan panjang.

Bambang mengakui pemberian bansos tepat waktu dan menjaga inflasi, berkontribusi besar terhadap penurunan angka kemiskinan. Lantaran hal tersebut, Bambang juga memastikan pemberian bansos tidak akan terhambat apapun, termasuk kekurangan anggaran.

Advertisement

"Kalau pemerintah tidak membantu (masyarakat miskin), maka itu pemerintah yang salah," kata Bambang dalam diskusi dengan sejumlah media di kantornya, Jakarta, Kamis (18/7). (Baca: Didorong Bansos, Penurunan Kemiskinan dan Ketimpangan Disebut “Semu”)

Bedasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), angka kemiskinan pada bulan Maret 2018 turun menjadi 9,82 persen. Angka ini merupakan yang terendah sepanjang sejarah. Bambang mengaku masih menyasar target paling tidak angka kemiskinan kembali mengecil hingga 9 persen tahun depan.

Dalam mengejar target ini pemerintah tidak akan segan untuk terus memberikan bansos. Bahkan, Bambang menegaskan pemberian bantuan tidak perlu mengkhawatirkan ketersediaan anggaran. Bansos merupakan anggaran yang harus diprioritaskan dibandingkan lainnya, meski anggaran yang ada terbatas.

Pada tahun ini, pemerintah telah menganggarkan belanja bansos sebesar Rp 77,3 triliun, naik dari total belanja bansos tahun lalu sebesar Rp 52 triliun. Bambang mengatakan dari sisi inflasi, pemerintah berhasil menjaga harga pangan yang jadi 73 persen oembentuk garis kemiskinan.

"Kalau harga beras dikendalikan, maka penurunan angka kemiskinan akan semakin cepat," kata dia. (Baca: BPS: Bantuan Pangan Non-Tunai Tekan Angka Kemiskinan di Bawah 10%)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement