Prediksi Pesimistis BI Menekan Rupiah Tembus 14.500

Rizky Alika
20 Juli 2018, 16:12
rupiah
Donang Wahyu|KATADATA

Dua hari ini nilai rupiah kembali melemah terhadap dolar Amerika Serikat. Selain karena faktor eksternal, sentimen negatif muncul dari dalam negeri. Sejumlah ekonom menilai salah satunya dipicu oleh pernyataan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo yang memperkirakan pertumbuhan ekonomi tahun ini hanya akan mencapai 5,1 persen.

Mengacu pada data Reuters, nilai tukar rupiah berada pada level 14.525 per dolar Amerika pada perdagangan di pasar spot, Jumat (20/7/2018). Artinya, rupiah melemah 0,38 % dari penutupan hari sebelumnya. (Baca: DBS Prediksi Nilai Tukar Rupiah Rp 14.600 pada Akhir 2018).

Advertisement

Ekonom Institute for Development of Economics & Finance (INDEF) Bhima Yudhistira mengatakana pernyataan Perry yang merevisi proyeksi pertumbuhan ekonomi memicu sentimen negatif. “Biasanya BI akan menjaga ekspektasi pasar dengan tone yang positif. Namun RDG (Rapat Dewan Gubernur) kemarin membuktikan sebaliknya,” kata dia kepada Katadata.co.id, Jumat (20/7).

Selain itu, investor mengindikasikan sikap BI sebagai kemungkinan mempertahankan suku bunga acuan sampai akhir tahun ini. Hal itu menyebabkan investor cenderung menahan diri meski ruang pengetatan moneter untuk menaikan bunga BI 7 Days Repo masih ada satu kali lagi. 

Bhima meramalkan bank sentral sedang menunggu fenomena super dolar yang kemungkinan memuncak pada pertengahan semester kedua untuk mengerek suku bunga acuan sebesar 25 basis poin.

Dari faktor global, prediksi perang dagang yang semakin memburuk juga turut memperdalam pelemahan rupiah. Awalnya, prediksi perang dagang tidak berlangsung lama. Namun, hingga saat ini konsensus Amerika-Tiongkok belum juga tercapai. 

Sementara itu, indikator lainnya berupa indeks dolar bertahan di angka tertinggi 95,2, menguat dibanding mata uang dominan. (Baca juga: Kurs Rupiah Lemah, Faisal Basri Kritik Sejumlah Pejabat Beternak Dolar).

Karena itu Bhima memproyeksikan nilai tukar rupiah hari ini bergerak pada 14.430-14.520 per dolar. Sampai akhir Juli, rupiah berpotensi melemah hingga level 14.700, lalu kembali naik ke titik tertinggi pada September atau Oktober. “Saat itulah tekanan pada kurs rupiah akan membesar,” ujar dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement