Sejumlah Menteri Siap Beri Laporan Penggunaan Biodiesel ke Jokowi

Michael Reily
20 Juli 2018, 08:23
biodiesel
Arief Kamaludin | Katadata

Pemerintah  mendorong optimalisasi konsumsi  biodisel di dalam negeri sebagai upaya menekan impor minyak dan gas (migas) dan mengurangi polusi. Rapat Koordinasi Terbatas (Ratas) terkait komitmen penggunaan telah digelar kemarin malam, Kamis (19/7) oleh sejumlah menteri di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian untuk kemudian segera dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo.

"Tadi persiapannya,  nanti akan dilaporkan ke presiden," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution.

Mandatori penggunaan minyak kelapa sawit sebesar 20% sebagai bahan campuran solar (B20) pada kendaraan sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 12 Tahun 2015. Regulasi menetapkan tahapan kewajiban minimal pemanfaatan biodiesel sebagai campuran bahan bakar minyak.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan penggunaan B20 untuk transportasi sudah cukup. “Kami juga coba B7 untuk kereta api,” ujar Budi.

Namun, untuk penggunaan B30, dia mengaku penggunaannya masih konservatif tapi kajiannya masih dilakukan secara bertahap.

(Baca :  Luhut Targetkan Seluruh Kendaraan Pakai Biodiesel 20% Tahun ini)

Menteri BUMN Rini Soemarno juga menekankan bakal menyampaikan laporan besok. Hal ini terkait dengan peran PT Pertamina (Persero)  sebagai penyalur biodiesel bersubsidi (Public Service Obligation /PSO) ke masyarakat.

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...