Pra-Asian Games, Kementan Karantina Kuda asal Tiongkok dalam Dua Tahap

Michael Reily
27 Juli 2018, 17:21
Lomba Pacuan Kuda
Antara Foto / Umarul Faruq
Tiga orang joki sedang memacu kuda pada lomba pacuan kuda Piala Menpora di Sidoarjo, Jawa Timur.

Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian akan mengkarantina 4  ekor kuda asal Tiongkok sebanyak dua kali tahapan  guna memastikan keamanan dan kualitas kesehatan kuda sebelum mengikuti pertandingan dalam ajang Asian Games 2018. Sebab,  status kesehatan hewan Tiongkok saat ini belum sesuai standar Equistrian Diseases Free Zone (EDFZ) atau zona bebas penyakit. 

Sebanyak  142 kuda dari 17 negara  diperkirakan siap berlaga dalam ajang Asian Games 2018 melalui cabang berkuda.

(Baca : Pemerintah Jamin Pasokan Ayam dan Telur Jelang Asian Games)

“Kami mengirimkan dua orang petugas ke Tiongkok untuk melakukan verifikasi pertama untuk memenuhi persyaratan kesehatan hewan Asian Games 2018,” kata Kepala Pusat Karantina Hewan dan Kehani, Badan Karantina Pertanian, Kementerian Pertanian, Agus Sunanto dalam keterangan resmi, Jumat (27/7). 

Setelah itu,  untuk tahapan kedua, sebanyak 4 kuda asal Tiongkok kemudian akan masuk karantina di Instalasi Karantina Hewan Artayasa, Depok bersama kuda asal Indonesia.

Sementara untuk kuda yang berasal dari Uni-Eropa menurutnya  tidak akan melalui fase karantina yang ketat karena telah memenuhi standar kesehatan  EDFZ.

(Baca juga : Kecepatan Internet GBK Saat Pembukaan Asian Games Bakal Kalahkan AS)

Kuda asal Tiongkok diperkirakan tiba pada 29 Juli 2018 di Jakarta. Setalah itu, Badan karantina akan segera melakukan pengecekan dengan fokus pemeriksaan mencakup status surveilans di dalam negara Tiongkok; pengecekan Animal Installation; hasil laboratorium yang telah dilakukan karantina Tiongkok terhadap penyakit Equine Infections Anemia (EIA), Piroplasmosis, Dourine, Glanders; dan List of notifiable disease Tiongkok ke Indonesia.

Setelah melalui masa karantina kedua, Kementerian Pertanian kemudian akan memberikan rekomendasi kesehatan kuda yang dinilai layak mengikuti lomba dalam Asian Games 2018. “Kami akan pastikan kesehatan dan keamanan seluruh kuda baik dari Indonesia maupun dari pelbagai negara agar sehat, aman dan siap berlaga di ajang lomba Asian Games 2018,” ujar Agus.

Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...