Adaro-EMR Rampungkan Akuisisi Saham Rio Tinto di Tambang Kestrel

Arnold Sirait
2 Agustus 2018, 08:08
Tambang Batu Bara
Donang Wahyu|KATADATA

PT Adaro Energy Tbk bersama EMR Capital Ltd merampungkan akuisisi 80% kepemilikan Rio Tinto atas Kestrel Coal Mine (Kestrel) pada 1 Agustus 2018. Ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan mengikat Adaro dan EMR, suatu perusahaan private equity yang berspesialisasi di sektor pertambangan.

Nantinya EMR dan Adaro akan bersama-sama mengelola dan mengoperasikan tambang Kestrel. Adaro dan EMR akan membentuk peusahaan Kestrel Coal Resources Pty Ltd. Di perusahaan itu Adaro memegang 48% saham dan EMR 52%.

Kestrel Coal Resources Pty Ltd ini yang akan memiliki 80% saham di Tambang Kestrel. Sisanya adalah Mitsui Coal Australia.

Presiden Direktur dan CEO Adaro Energy Garibaldi Thohir mengatakan akuisisi Kestrel merupakan bagian penting dari ekspansi strategis perusahaan untuk menambah portofolio batu bara metalurgi. Perusahaan telah memulai bisnis batu bara metalurgi melalui Adaro MetCoal.

Akuisisi ini akan memperkuat posisi Adaro di pasar batubara metalurgi. Selain itu dapat menunjang pertumbuhan Adaro Energy dalam jangka panjang. Apalagi Adaro MetCoal memiliki salah satu sumber daya batu bara metalurgi terbesar yang belum dikembangkan.

Sinergi yang tercipta di antara kedua aset tersebut menawarkan potensi pengembangan yang besar dan memaksimalkan penciptaan nilai. “Kami gembira dengan rampungnya transaksi ini dan siap bekerja sama dengan EMR supaya inisiatif ini menjadi upaya bisnis yang sukses,” kata Garibaldi berdasarkan keterangan resminya, dikutip Kamis (2/8).

Kestrel merupakan aset batu bara metalurgi berkualitas yang memiliki basis sumber daya dengan usia yang panjang, infrastruktur yang solid dan tenaga kerja yang berkeahlian tinggi. Tambang ini terletak 40kilometer di utara kota Emerald yang berada di area batubara Bowen Basin di tengah negara bagian Queensland.

(Baca: Adaro dan EMR Akuisisi Tambang Kestrel Rio Tinto US$ 2,25 Miliar)

Tahun 2017, 2 Kestrel memproduksi 4,25 Mt batubara metalurgi berkualitas tinggi. Adapun tambang itu memiliki cadangan yang dapat dijual (marketable reserves) sebesar 146 Mt dan sumber daya sebesar 241 Mt.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...