Bangun 10 Gerai Baru, Ace Hardware Habiskan Rp 60 Miliar di Semester I

Image title
Oleh Ekarina
2 Agustus 2018, 13:20
Ace Hardware
Ace Hardware
Ace Hardware

PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES), emiten perusahaan perlengkapan rumah tangga telah merealisasikan belanja modal Rp 60 miliar hingga semester I 2018. Menurut manajemen perseroan, dana tersebut digunakan untuk membangun 10 unit gerai baru di Pulau Jawa dan Kalimantan.

"Hingga semester I 2018 kami sudah menambah sekitar 10 unit gerai baru sejalan dengan target yang direncakan tahun ini sebanyak 15 unit gerai. Di bulan ini, kami juga akan ada pembukaan gerai baru," kata Corporate Secretary Ace Hardware Helen Tanzil kepada Katadata.

Advertisement

Sebanyak 10 gerai baru yang telah dibuka tersebut antara lain berlokasi di Bandung, Tangerang, Surabaya, Karawang, Pekanbaru, Jakarta, Malang dan Samarinda. Adapun pada 3 Agustus besok, perseroan juga berencana membuka gerai ke-11 di tahun ini. Gerai yang berlokasi di Cirebon ini akan menempati luas area sekitar 1.950 meter persegi.

(Baca : Ace Hardware Raup Untung Rp 426 Miliar di Semester I 2018)

Dengan demikian, hingga saat ini perseroan akan memiliki 158 unit gerai di seluruh Indonesia.

Ekspansi gerai baru menjadi salah satu strategi perusahaan dalam menggenjot pendapatan. Mengutip laporan keungan perusahaan, sepanjang semester I 2018 Ace Hardware membukukan pendapatan Rp 3,33 triliun, tumbuh 21,9% dari periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 2,73 triliun. Sedangkan di sisi laba, perseroan diketahui mencatat laba bersih Rp 426 miliar, naik 29,8% dari periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 328 miliar seiring dengan turunnya komponen beban.

Helen juga mengatakan pelemahan rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) semester I lalu belum memberi tekanan signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan. Sehingga perseroan mengklaim tidak melakukan penyesuaian harga terhadap beberapa produknya yang dijual untuk mengkompensasi kenaikan biaya.

Mengenai kinerja keuangan tersebut, Analis Mirae Asset Sekuritas Christine Natasya dalam risetnya mengatakan realisasi laba bersih perseroan berada di atas estimasi konsensus, yang mana angka itu mencakup sekitar 48% dari total proyeksi selama setahun.

(Baca juga : Siasat Ace Hardware Memacu Keuntungan di 2018)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement