Jokowi: Saya Kembalikan Blok Mahakam dan Rokan, Dituduh Antek Asing

Ameidyo Daud Nasution
8 Agustus 2018, 13:52
jokowi
Arief Kamaludin | KATADATA

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membantah tuduhan sejumlah pihak menyebut dirinya adalah antek asing. Padahal dia telah berhasil mengembalikan beberapa aset negara yang sebelumnya dipegang asing, ke tangan Indonesia.

Jokowi mengambil contoh dua blok migas besar yang selama ini dikuasai perusahaan asing yakni Blok Mahakam dan Blok Rokan. Pemerintah memberikan Blok Mahakam yang dulunya dikelola Inpex dari Jepang serta Total dari Prancis kepada PT Pertamina (Persero). Blok Rokan yang sebelumnya Chevron asal Amerika Serikat juga diserahkan kepada Badan Usaha Milik Negara tersebut.

"Bagaimana mungkin saya antek asing," kata Jokowi di hadapan segenap ulama dalam sebuah acara yang digelar Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Kantor Pemerintahan Kabupaten Bogor, Rabu (8/8). (Baca: Jokowi: Elite Politik Tak Memberi Pendidikan yang Baik)

Pertamina akhirnya menguasai Blok Rokan di Riau setelah kontrak PT Chevron Pacific Indonesia berakhir. Blok yang sudah dikelola Chevron sejak tahun 8 Agustus 1971 akan berakhir kontraknya pada 2021. Pertamina juga telah mendapatkan Blok Mahakam setelah tanggal 31 Desember 2017 lalu.

Bukan hanya dua itu, Jokowi mengatakan saat ini pemerintah dan PT Freeport Indonesia telah menuangkan kesepakatan dalam pokok perjanjian Head of Agreement (HoA). Kesepakatan ini merupakan tahap awal Indonesia menguasai 51% alias pemilik mayoritas  perusahaan tambang Amerika Serikat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...