PAN Munculkan Sandiaga Uno sebagai Cawapres Alternatif untuk Prabowo

Dimas Jarot Bayu
8 Agustus 2018, 19:30
Sandiaga Uno
Arief Kamaludin | Katadata
Wakil Gubernur DKI Jakarta diusung PAN sebagai cawapres alternatif.

Partai Amanat Nasional (PAN) mengadakan pertemuan antara pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) hari ini. Dalam pertemuan tersebut, mayoritas pengurus wilayah memberikan dukungannya terhadap Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dengan catatan menawarkan calon wakil presiden (cawapres) alternatif, di antaranya Sandiaga Uno.

"Mayoritas itu memang hampir bulat DPP diminta oleh DPW untuk bergabung dengan koalisi Gerindra," kata Ketua DPP PAN Yandri Susanto, Rabu (8/8).

(Baca juga: PAN Inginkan Abdul Somad Jadi Cawapres, Namun Tolak Paksaan PA 212)

Dukungan kepada Prabowo tak hanya datang dari pengurus DPW, Yandri menyatakan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais dan Ketua Dewan Penasehat PAN Soetrisno Bachir sudah mendukung Prabowo. Nantinya, semua aspirasi tersebut akan dibawa ke Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada Kamis (9/8).

Meski demikian, PAN tetap menghendaki Prabowo memilih Ketua Umumnya, Zulkifli Hasan sebagai calon wakil presiden (cawapres). Jika hal tersebut tak tercapai, PAN meminta Prabowo tidak mengambil cawapres dari tokoh partai koalisi lainnya.

(Baca juga: Koalisi Pendukung Jokowi Bakal Bertambah, PAN Akan Bergabung?)

Saat ini, PKS masih berkukuh untuk mendorong Ketua Majelis Syuro Salim Segaf Aljufri untuk menjadi cawapres Prabowo. Sementara, Demokrat mengusung Ketua Komandan Satuan Tugas Bersama Pemenangan Pemilu (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

PAN tetap meminta Prabowo mengambil pendakwah kondang Abdul Somad sebagai cawapres alternatif.  Yandri menyebut Prabowo dalam pertemuan dengan Zulkifli di rumah dinasnya, Jalan Widya Chandra, Jakarta, Selasa (7/8) malam, telah bersedia mengusung Somad sebagai cawapres.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...