Pertamina Tukar Pasokan Gas Blok A untuk PLN

Anggita Rezki Amelia
9 Agustus 2018, 22:37
Ambil Alih Lapangan Migas Blok Mahakam
Arief Kamaludin|KATADATA
Suasana North Processing Unit (NPU) wilayah kerja Blok Mahakam di Kutai Kartanegara, Minggu (31/12). Berdasarkan data SKK Migas, per November 2017, WK Mahakam berproduksi minyak dan kondensat sebesar 52 ribu barel minyak per hari dan 1.360 juta kaki kubik gas bumi per hari.

Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) mengatakan PT Pertamina melakukan tukar pasokan atau swap gas dari Blok A di Aceh untuk PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). Padahal, sebelumnya Pertamina akan memasok gas dari blok tersebut untuk kebutuhan PT Pupuk Iskandar Muda (PIM).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala BPMA Azhari Idris mengatakan tukar pasokan itu didasarkan alasan teknis. Posisi sumur gas Medco hanya bisa mengalirkan gas dari Blok A melalui pipa Arun-Belawan. Alhasil tidak bisa dikirim langsung menuju PT PIM karena dapat melawan arus pipa.

Advertisement

(Baca juga: Harga Turun Jadi US$ 7,08 per MMBTU, Gas Blok A Mengalir Agustus)

Untuk itulah Pertamina menukar pasokan gas Medco untuk dialirkan ke pembangkit listrik PLN di Belawan. Sebaliknya, PIM mendapatkan pasokan gas yang sebelumnya dialokasikan Pertamina ke PLN dari hasil regasifikasi di Arun.

“Posisi gas Medco di tengah-tengah arah timur pipa Arun Belawan. Sementara Gas Regas yg selama ini untuk PLN diserahkan ke PIM, dan swap gas Medco ke PLN sebagai pengganti,” kata Azhari kepada Katadata.co.id, Kamis (9/8).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement