Banyak Permintaan, Kementerian ESDM Minta Pertamina Fokus di Dua Blok

Anggita Rezki Amelia
10 Agustus 2018, 15:35
Djoko Siswanto
Katadata

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyoroti sejumlah rencana aksi korporasi PT Pertamina. Misalnya, hal ini terkait upaya perusahaan pelat merah itu untuk mengkases ruang data (data room) beberapa blok minyak dan gas terminasi yang masa kontraknya berakhir beberapa tahun lagi.

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto meminta Pertamina untuk berfokus saja dalam mengelola dua blok utama: Mahakam dan Rokan. Blok Mahakam sudah digenggam penuh Pertamina sejak awal tahun ini selepas dioperasikan Total E&P Indonesie dan Inpex Corporation. Adapun Blok Rokan mulai dikelola pada 2021, berpindah dari Chevron Pasific Indonesia.

Advertisement

Dengan mengajukan akses ruang data ke beberapa blok terminasi, Djoko menilai Pertamina dapat membuang-buang waktu. Apalagi produksi blok migas terminasi lainnya lebih kecil. Hal ini dapat membebani Pertamina sehingga berpotensi membuat perusahaan migas negara itu tidak untung.

“Pertamina fokus Rokan dan Mahakam karena produksinya besar. Kalau yang kecil-kecil repot, habis tenaga, pikiran, hasilnya kecil,” kata Djoko di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (10/8). (Baca: Kementerian ESDM Izinkan Pertamina Akses Ruang Data Blok Corridor).

Menurut dia, dengan mengelola banyak blok terminasi, Pertamina malah akan kesulitan mengatur kinerja masing-masing blok. “Direktur hulunya kan satu, pusing lah dia. Rokan itu produksinya mungkin lebih besar dari lapangan yang Pertamina punya,” ujarnya.

Beberapa waktu terakhir, Pertamina memang telah mengajukan izin untuk mengakses ruang data sejumlah blok migas terminasi. Di antaranya Blok Corridor dan Blok Jabung. Kedua blok itu akan habis kontrak pada 2023. (Baca: Pertamina Siap Akses Ruang Data Blok Jabung).

Walau kali ini Djoko mengkritik, Kementerian ESDM sejatinya telah memberi izin kepada  Pertamina. Karena itu untuk Blok Jabung, misalnya, Pertamina sudah bersiap mengakses data migas langsung dengan PetroChina selaku operator Blok Jabung.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement