BKPM Tawarkan 5 Proyek Infrastruktur Rp 189 T ke Investor Tiongkok

Safrezi Fitra
10 Agustus 2018, 12:19
BKPM
KATADATA | Arief Kamaludin

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menawarkan sejumlah proyek infrastruktur senilai total US$ 13,1 miliar atau setara Rp 189 triliun kepada  investor Tiongkok. Penawaran ini dilakukan saat Market Sounding proyek-proyek infrastruktur skema KPBU di Shanghai (3 Agustus 2018) dan Beijing (8 Agustus 2018).

Beberapa proyek yang ditawarkan adalah perluasan Bandara Hang Nadim dan beberapa pembangkit Listrik dengan total kapasitas sekitar 1.885 Mega Watt (MW). Kemudian proyek jalan tol di sejumlah daerah, LRT Batam, proyek infrastruktur pariwisata Kawasan Danau Toba, dan perluasan Bandara Labuan Bajo.

Beberapa pengelola kawasan industri juga menawarkan investasi infrastruktur pada kawasannya. Beberapa diantaranya adalah Kawasan Industri Terpadu Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE) Gresik, Jawa Timur, CFLD Industrial Park di Tangerang, Banten dan Cikarang Jawa Barat, serta sejumlah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Deputi Bidang Perencanaan Penanaman Modal Tamba P. Hutapea menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dilakukan dalam upaya untuk menyediakan infrastruktur.  Pemerintah juga menjanjikan dukungan kemudahan dan penjaminan untuk proyek infrastruktur dengan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

“Pemerintah memberikan peluang seluas-luasnya kepada pihak swasta dari dalam maupun luar negeri berpartisipasi dalam proyek infrastruktur skema KPBU,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima katadata.co.id, Jum’at (10/8).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...