Jusuf Kalla Akan Pimpin Tim Pemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin

Ameidyo Daud Nasution
Oleh Ameidyo Daud Nasution - Dimas Jarot Bayu
10 Agustus 2018, 13:58
Jusuf Kalla
Arief Kamaludin|Katadata
Wakil Presiden Jusuf Kalla akan pimpin tim pemenangan Jokowi-Ma'ruf.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan Wakil Presiden Jusuf Kalla akan memimpin Tim Pemenangan Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin sebagai Calon Presiden dan Wakil Presiden 2019 - 2024 mendatang. Airlangga menyatakan Kalla telah menyambut positif rencana tersebut.

Airlangga yang juga menjabat Menteri Perindustrian mengatakan Kalla yang akan berperan menyusun rencana pemenangan. "Tim direncanakan oleh Pak Jusuf Kalla," kata Airlangga di Komisi Pemilihan Umum, Jakarta, Jumat (10/8).

Selain Kalla, pimpinan partai politik pengusung Jokowi-Ma'ruf juga masuk dalam Tim Pemenangan. Dia menyebut salah satunya Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Namun detail struktur organisasi masih akan dibahas lebih lanjut. "Kan baru daftar, nanti saja lah," ujarnya.

(Baca juga: Kunjungi JK, Jokowi Sampaikan Pendampingnya Berinisial M)

Berdasarkan informasi yang diperoleh Katadata.co.id, Jokowi menyampaikan permintaan kepada Kalla menjadi Ketua Tim Pemenangannya. Permintaan ini disampaikan Jokowi saat mengunjungi kantor Kalla pada Kamis (9/8) sebelum pengumuman Ma'ruf sebagai cawapres.

Koalisi partai pendukung Jokowi telah mengadakan beberapa kali pertemuan membahas formasi tim pemenangan. Para parpol telah menyetujui kepala tim akan ditunjuk langsung oleh Jokowi.

Ketua tim nantinya akan dibantu oleh para wakil ketua dari sembilan partai koalisi. Ada pula sekretaris, bendahara, dewan pengarah, serta dewan penasehat.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...