Pertamina Pasang Target Tinggi Produksi Gas Blok Sanga-Sanga

Anggita Rezki Amelia
13 Agustus 2018, 16:25
Blok migas
Katadata

PT Pertamina Hulu Sanga-Sanga (PHSS) telah menetapkan target produksi minyak dan gas bumi (migas) di Blok Sanga-Sanga. Ini menindaklanjuti dimulainya Pertamina sebagai pengelola blok tersebut sejak 7 Agustus lalu.

Senior Vice President Upstream Strategic Planning and Operation Evaluation Pertamina Meidawati mengatakan target produksi gas bumi dalam Rencana Kerja Anggaran (RKA) perusahaan mencapai 75-110 juta kaki kubik per hari (mmscfd). Ini lebih tinggi dari target produksi gas Blok Sanga-Sanga pada Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2018 sebesar 80 mmscfd.

Berbeda dengan gas, target produksi yang dipasang Pertamina untuk minyak di Sanga-Sanga hanya berkisar 7 hingga 8 ribu barel per hari (bph). Angka tersebut lebih rendah dari target APBN 2018 yang dipatok 10 ribu bph.

Meidawati mengatakan alasan target produksi minyak lebih rendah karena cadangan di Blok Sanga-Sanga lebih banyak gas. "Kan reservoir gas," kata dia kepada Katadata.co.id, Senin (13/8).

Untuk mendukung kinerja produksi Blok Sanga-Sanga, Pertamina akan mengucurkan sejumlah dana. Dalam tiga tahun pertama ada komitmen pasti sebesar US$ 237 juta atau Rp 3,4 triliun. Ini untuk menjaga produksi.

Salah satu upaya menjaga produksi adalah dengan mengebor beberapa sumur. Tahun ini, Pertamina akan mengebor dua sumur. Kemudian tahun 2019 akan mengebor 29 sumur.

Meidawati mengatakan pengeboran dua sumur akan dilakukan pada kuartal tiga dan empat tahun ini. Namun, yang dibor adalah sumur pengembangan bukan eksplorasi.

(Baca: Pertamina Pangkas Jumlah Pegawai Blok Sanga-Sanga)

Pertamina memperkirakan Blok Sanga Sanga memiliki estimasi kumulatif produksi sebesar 258 juta barel setara minyak (MMBOE). Data pada akhir Juli 2018 produksi minyak dan kondesat Blok Sanga-Sanga adalah 10.753 bph dan gas 80,7 mmscfd.

Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...