Franky Sibarani dan Komjen Syafruddin Disebut Pengganti Menteri Asman

Ameidyo Daud Nasution
14 Agustus 2018, 17:06
Franky Sibarani, T Lembong, Saleh Husin
Arief Kamaludin|KATADATA
Franky Sibarani saat masish menjabat Kepala BKPM.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Asman Abnur mengaku telah mengajukan pengunduran diri dari jabatannya sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sebagai pengganti Asman, dua nama digadang-gadang yakni mantan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani dan Wakil Kepala Polisi RI Komjen Polisi Syafruddin.

Informasi ini diperoleh Katadata.co.id dari sumber di pemerintahan. Menurut keterangan sumber tersebut, Presiden akan mengganti Asman pada Rabu (14/8) besok. "Dua nama (calon penggantinya), Franky dan Syafruddin," katanya, Selasa (14/7).

Katadata.co.id  berupaya mengkonfirmasi informasi ini kepada Franky dan Syafruddin, namun belum mendapatkan tanggapan.  (Baca juga: Terancam Reshuffle, Asman Abnur Mundur dari Jabatan Menteri)

Asman Abnur mundur dari jabatan Menteri PAN-RB setelah mendapat desakan dari partai-partai pengusung Jokowi. Asman selama ini di kabinet memang mewakili PAN. Sementara dalam Pilpres 2019, PAN mendukung Prabowo Subianto- Sandiaga Uno. PAN berkoalisi bersama PKS, Gerindra, dan Partai Demokrat menjadi penantang Jokowi-Ma’ruf Amin dalam Pilpres 2019.

Franky pernah menjabat sebagai Kepala BKPM, sebelum Thomas Lembong. Ia dikenal sebagai pengusaha yang tergabung dalam KADIN. Sementara itu Komjen Syafruddin menjabat sebagai Wakil Kepala Polri dan pernah menjadi ajudan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...