Proyek Pipa Bakrie yang Mangkrak 12 Tahun Hidup Lagi dengan Skema Baru

Image title
14 Agustus 2018, 12:54
ilustrasi pipa gas
Arief Kamaludin|Katadata
ilustrasi pipa gas.

Proyek pipa transmisi gas bumi Kalimantan Jawa (Kalija) II yang digarap PT Bakrie&Brothers Tbk mulai berjalan lagi. Proyek yang sudah mangkrak sejak tahun 2006 itu akan dijalankan dengan skema baru.

Anggota Komite Gas Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) Jugi Prajogio mengatakan proyek pipa itu akan berubah menjadi trans Kalimantan, yang mengalirkan gas di Kalimantan. Awalnya  pipa ini akan dibangun untuk mengalirkan gas di Kalimantan ke Pulau Jawa.

Perubahan ini karena tidak ada konsumen. Apalagi PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengklaim kebutuhan gas sudah tercukupi dari Jawa Timur dan Jawa Tengah. “Kalau offshore kan agak berat. Kami di Komite berpikir di trans kalimantan, dari Bontang sampai ke Kalimantan Selatan,” kata dia kepada Katadata.co.id, Senin (13/8).

Nantinya, Bakrie akan menggandeng PT Pertamina Gas (Pertagas) sebagai badan usaha yang mengangkut gas tersebut (shipper). Artinya Pertagas yang mengupayakan mendapatkan alokasi gas dari Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas.

Kedua belah pihak masih membahas mengenai perjanjian angkutan gas (Gas Transportation Agreement/GTA).  "Kalau bisa satu sampai dua bulan ke depan ada GTA antara Pertagas dan Bakrie," kata Jugi.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...