Produksi Pertamina di Blok Ogan Komering Lampaui Target

Anggita Rezki Amelia
16 Agustus 2018, 20:17
Blok migas
Katadata

PT Pertamina Hulu Energi (PHE) mencatat realisasi  produksi minyak dan gas bumi (migas) di Blok Ogan Komering sudah melampaui target yang telah ditentukan anak usaha Pertamina itu dalam rencana kerja tahun ini. Media and Relations Manager PHE Ifki Sukarya mengatakan, hingga 12 Agustus 2018, produksi rata-rata minyak Ogan Komering 2.218 barel per hari (bph). Jumlah ini 105 % dari target yang dipasang sebesar 2.120 bph.

Sementara itu produksi gas blok ini juga meningkat. Tercatat dari awal tahun sampai 12 Agustus 2018 produksi gas Ogan Komering sebesar 9.068 juta kaki kubik per hari (mmscfd). Angka ini mencapai 104 % dari target yang dipatok PHE tahun ini sebesar 8.757 mmscfd.

(Baca juga: Kontrak Gross Split  Blok Ogan Komering dan Tuban Resmi Efektif).

Menurut Ifki, ada sejumlah faktor yang membuat produksi Ogan Komering bisa setinggi itu. Salah satunya, PHE berhasil menekan kegiatan penghentian sementara alias unplaned shutdown pada pembangkit listrik di blok Ogan Komering dengan jadwal pemeliharan yang terencana. Dengan demikian bisa menghindari hal-hal tidak diinginkan yang dapat mengganggu kinerja produksi.

Pemeliharaan yang dilakukan PHE,  Ifki melanjutkan, di antaranya terdiri dari perawatan isulator kabel, kabel bawah tanah, dan alat penangkal petir. "Perawatan untuk mencegah peralatan rusak," ujar Ifki kepada Katadata.co.id, Kamis (16/8).

Sebagaimana diketahui, sejak Minggu 20 Mei 2018 lalu, PHE efektif  menjadi kontraktor baru Blok Ogan Komering . Ini merupakan tindak lanjut setelah pemerintah memutuskan Pertamina kembali mengelola blok tersebut pada April lalu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...