Tahun Depan, Kurs Rupiah Diproyeksi Bertengger di Rp 14.400

Rizky Alika
16 Agustus 2018, 18:26
Rupiah
Arief Kamaludin|KATADATA

Pemerintah memproyeksikan nilai tukar rupiah pada tahun depan berkisar Rp 14.400 per dolar Amerika Serikat (AS). Apabila asumsi ini tercapai artinya terjadi penguatan dibandingkan dengan posisi kurs belakangan ini.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, kurs mata uang garuda tahun depan tetap dibayangi sejumlah tekanan. Tapi, rupiah tidak sendirian mengingat mata uang sejumlah negara lain juga mengalami tantangan global yang sama.

“Risiko meningkat. Growth (pertumbuhan ekonomi) di Amerika Serikat meningkat dan adanya kebijakan fiskal perdagangan. Ini meningkakan likuiditas dan menciptakan eksalasi," tuturnya saat konferensi pers terkait Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2019, Jakarta, Kamis (16/8). 

(Baca juga: Krisis Turki, Hanya Rupiah dan Saham yang Rentan Terdampak)

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Dody Budi Waluyo mengatakan, gejolak dari dinamika perekonomian global belum usai sehingga bank sentral dan pemerintah menaikkan proyeksi nilai tukar rupiah. "Kami optimistis rupiah di level Rp 14.400 (per dolar AS)," ujar dia. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...