Transaksi Gramedia Digital Naik 4 Kali Tertopang Mitra Korporasi

Desy Setyowati
20 Agustus 2018, 21:03
Digital internet
Arief Kamaludin|KATADATA

Pengelola situs belanja buku PT Gramedia Digital Nusantara terus mengembangkan bisnisnya dengan menggandeng sejumlah perusahaan sejak tahun lalu untuk memperluas pasar produknya. Alhasil, transaksi penjualan meningkat empat kali lipat secara tahunan atau year on year (yoy) pada Semester pertama 2018.

“Tahun lalu naiknya 200 persen. Enam bulan pertama 2018 ini kenaikannya 400 persen yoy,” kata Managing Director Gramedia Digital Kelvin Wijaya usai penandatanganan kerja sama dengan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) di kantor Telkomsel, Jakarta, Senin (20/8).

Advertisement

Gramedia Digital memang sedang berfokus membidik segmen korporasi sebab transaksinya langsung dalam jumlah besar. Apalagi, berdasarkan pantauannya, mulai banyak perusahaan yang mengembangkan kemampuan pegawai dengan menyediakan perpustakaan digital. Selain karena bisa dibuka di mana saja, biayanya menjadi lebih murah bagi korporasi mitra tersebut.

Saat ini, Gramedia Digital sudah bekerja sama dengan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), Astra Group, dan PT Pembangunan Perumahan terkait penyediaan buku digital untuk pegawai dan program tanggung jawab sosial atau corporate social responsibility (CSR). Melalui kerja sama ini, karyawan di masing-masing perusahaan bakal mendapat akses untuk membaca buku terbitan Gramedia.

Selain itu, Gramedia Digital sudah  menjalin mitra dengan Kementerian Keuangan sejak 2017. Pada Agustus ini, perusahaan dari Grup Kompas Gramedia ini juga berkolaborasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Thailand untuk menghadirkan platform perpustakaan digital atau eLibrary. “Setelah ini kami akan kerja sama dengan KBRI lainnya,” ujar Kelvin.

Kali ini, Gramedia Digital menghadirkan Telkomsel Digital Library atau T-PERPUS. Direktur HCM Telkomsel Irfan A. Tachrir menyatakan, perpustakaan digital ini menyediakan lebih dari tiga ribu konten dengan 69 kategori, yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya sekolah dan perguruan tinggi. Aplikasi ini bisa diunduh di Android ataupun iOS.

Telkomsel berencana memberikan lima ribu akses user tanpa biaya kepada pengguna di seluruh Indonesia. Di tahap awal, 1000 akses user gratis diberikan ke komunitas di perguruan tinggi di Jawa Barat. Secara periodikal program T-PERPUS akan rilis di daerah-daerah selanjutnya. “Eksklusif untuk Telkomsel karena ini bagian dari CSR,” ujar dia.

Irvan optimistis kerja sama ini akan membuat harga buku menjadi lebih murah sebab tidak ada proses cetak. Selain itu, perpustakaan digital ini bisa menjangkau lebih banyak pengguna hingga ke daerah terpencil.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement