Akuisisi Tambang Batu Bara, Semen Baturaja Siapkan Rp 300 Miliar

Hari Widowati
27 Agustus 2018, 18:03
semen
KATADATA
semen

PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) menyiapkan dana Rp 300 miliar untuk mengakuisisi tambang batu bara. Aksi korporasi ini dilakukan untuk menghemat 50% biaya energi di masa depan mengingat harga komoditas batu bara yang fluktuatif.

Direktur Utama Semen Baturaja Rahmad Pribadi mengatakan, perseroan membidik dua tambang batu bara yang lokasinya dekat dengan tambang batu kapur milik perseroan di Baturaja, Sumatera Selatan. Akuisisi ini dinilai strategis karena di masa mendatang perseroan akan mampu memenuhi 70-80% dari kebutuhan batu bara dari tambangnya sendiri.

Rahmad menyebutkan, rata-rata harga batu bara acuan (HBA) sepanjang tahun lalu sekitar US$ 85 per ton sedangkan tahun ini sudah berada di atas US$ 100 per ton. Padahal, porsi biaya energi mencapai 40% dari total biaya penjualan (cost of goods sold). Adapun biaya pembelian batu bara mencapai 30% dari total biaya penjualan.

Semen Baturaja menargetkan akuisisi tambang batu bara tersebut tuntas pada akhir 2018. Pasokan batu bara dari tambang tersebut akan mulai signifikan pada 2019. "Tahun depan, 50% dari kebutuhan batu bara dipenuhi dari tambang sendiri. Kami tetap menggunakan pasokan batu bara dari PT Bukit Asam Tbk (PTBA) karena tambang batu bara kami baru dibuka, kapasitasnya tidak bisa langsung besar," kata Rahmad dalam Investor Summit 2018, di Bursa Efek Indonesia, Senin (27/8).

(Baca: Produksi Semen Dalam Negeri Kelebihan 30 Juta Ton)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...