Borong Emas Silat Antar Indonesia Lampaui Target

Tim Publikasi Katadata

Senin 27/8/2018, 17.23 WIB

Cabang Olahraga Pencak Silat mendulang 8 emas hingga Sening Sore, dan mengantar Indonesia melampai target perolehan medali emas Asian Games 2018

Pencak Silat
Katadata

Jakarta: Cabang Olahraga Pencak Silat mendulang 8 emas hingga Sening Sore, dan mengantar  Indonesia melampai target perolehan medali emas Asian Games 2018 untuk Indonesia. Medali emas yang disumbangkan Pencak Silat sekaligus membuat Indonesia mampu menggeser Iran dengan menempati posisi ke-4 klasemen sementara dengan perolehan hingga pukul 5 sore sebanyak 60 medali, terdiri 20 emas, 14 perak dan 26 perunggu.

 

Pagi hari, Puspa Arumsari di nomor seni tunggal putri menyumbang emas silat pertama, disusul Yola Primadona Jampil/Hendy di nomor seni ganda putra, dilanjutkan Nugraha, Sani Asep Yuldan, dan Mubarok Anggi Faisal mempersembahkan medali emas saat turun dalam nomor seni beregu putra di Padepokan Pencak Silat, TMII, Jakarta.

 

Aji Bangkit Pamungkas memenangi kelas 85kg sampai 90kg, Komang Harik Adi Putra menyumbang di nomor Tarung Putra Kelas E (65kg - 70kg),  ada juga Iqbal Candra  yang menjadi juara silat nomor tarung kelas 60-65 kg putra. Emas ke-7 disumbangkan Sarah Tia Monita dari kelas Putri : 55kg sampai 60kg, sedangkan Emas ke-8 dari kelas 50kg sampai 55kg diraih Abdul Malik.

 

Main pertama, Puspa berhasil mengalahkan Nurzuhairah Mohammad Yazid dari Singapura yang mendapat poin 445 di tempat kedua, dan Cherry May Regalado dari Filipina di tempat ketiga dengan 444 poin. "Ini emas pertama untuk silat di Asian Games. Ini juga jadi kado untuk beberapa pelatih yang belum lama ini berulang tahun. Ini aku persembahkan untuk kalian semua," ucapnya.

 

Untuk Yola/Hendy tampil sebagai yang terbaik di nomor seni ganda putra. Keduanya memperoleh skor tertinggi 580. Medali perak diperoleh wakil Vietnam Tran Duc Danh/Ie Hong Quan dengan perolehan 562. Sedangkan Malaysia menyabet medali perunggu dari pasangan Mohd Taqiyuddin Hamid/Muhammad Afifi Nordin usai mendapatkan skor 560.

Aksi ketiga pesilat Indonesia tersebut meraih skor 465 poin. Jumlah itu diganjar emas, mengungguli skor Vietnam (450) dan Thailand (448) yang secara berurutan meraih perak dan perunggu.

 

Sementara dari cabang bulu tangkis Indonesia sudah memastikan satu tambahan emas dari nomor ganda putra, setelah memastikan All Indonesia Final pasangan Kevin-Gideon dan Rian- Fajar.

Kementerian Pemuda dan Olahraga

Kementerian Pemuda dan Olahraga

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha