Kemenkeu Gunakan Platform Daring Jaga Kredibilitas Informasi

Penulis: Rizky Alika

Editor: Dini Hariyanti

Senin 27/8/2018, 16.40 WIB

Aplikasi ponsel Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dapat digunakan pada Android dan iOS.

Ponsel internet
Arief Kamaludin|KATADATA

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) meluncurkan aplikasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi atau PPID. Platform daring ini diharapkan dapat menjaga kredibilitas berbagai informasi yang diterima masyarakat.

PPID dapat diunduh melalui sistem pengoperasian Android dan iOS. Kemenkeu berharap melalui aplikasi ini maka transparansi informasi berjalan secara lebih baik. Pasalnya, pemerintah mencermati bahwa semakin banyak pihak menyalahgunakan informasi.

"Memberikan informasi pun bisa dipenggal dipotong, diambil, dan disalahgunakan," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di dalam Seminar 10 Tahun Lahirnya UU Keterbukaan Informasi Publik, Jakarta, Senin (27/8).

(Baca juga: Keterbukaan Data, Indonesia Masih Tertinggal)

Menurutnya, penggunaan informasi pada era keterbukaan seperti sekarang kerap tidak sesuai dengan konteks. Belum lagi tantangan dari sisi politik. Tapi, kondisi ini dinilai tetap bisa ditangani asalkan tersedia sumber resmi yang mudah dijangkau masyarakat.

Kemenkeu mengklaim bahwa pihaknya akan selalu transparan, akuntabel, dan kredibel sehingga sebuah data atau informasi dapat ditelaah dari berbagai sisi. Kementerian juga terus memperbaiki cara penyampaian sebuah informasi.

"Kami harus memahami demografi dan gimana masyarakat berintekrasi dengan teknologi digital," ujar Sri Mulyani. 

Pemerintah menyadari, publik saat ini lebih dominan mengakses aneka data ataupun informasi melalui gawai ponsel. Pasalnya, masyarakat menginginkan akses infromasi yang cepat, singkat, dan relatif mudah. 

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha