Pesan Jokowi ke Anak Konglomerat: Tetap Percaya Kondisi RI Stabil

Penulis: Ameidyo Daud

Editor: Safrezi Fitra

Senin 27/8/2018, 20.51 WIB

“Presiden memotivasi kami yang muda agar percaya dengan Indonesia yang hebat dan maju.” kata Garibaldi.

Jokowi
Cahyo | Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan kepada para anak dan cucu konglomerat. Dia meminta agar mereka tetap percaya akan kondisi Indonesia bisa stabil. Hal ini yang dikatakan anak salah satu pendiri Astra Teddy Thohir, yakni pengusaha Garibaldi Tohir, yang ikut dalam pertemuan dengan Jokowi.

Garibaldi yang akrab disapa Boy ini mengungkapkan pesan Jokowi ini berbeda dengan  pertemuan Presiden dengan para pengusaha di Istana Bogor bulan lalu. Juli lalu Jokowi bertemu dengan ayah dan kakek pengusaha yang ditemuai hari ini, untuk meminta mereka membawa devisa hasil ekspor kembali ke Indonesia.

“Presiden memotivasi kami yang muda agar percaya dengan Indonesia yang hebat dan maju.” kata Garibaldi usai pertemuan Jokowi dengan pengusaha generasi kedua dan ketiga di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (27/8). Garibaldi. Namun pria yang akrab dipanggil Boy ini membantah pertemuan membahas politik dan Pemilihan Presiden tahun depan.

(Baca: Jokowi Kumpulkan Anak dan Cucu Konglomerat Bahas Tantangan Ekonomi RI)

Siang hingga sore tadi, Jokowi bertemu dengan anak dan cucu konglomerat di Istana Merdeka. Tampak hadir anak pemilik Grup Djarum yakni Martin Hartono, anak konglomerat Sukanto Tanoto yakni anderson Tanoto, anak Anthoni Salim yakni Axton Salim, anak Aburizal Bakrie yaitu Anindya Bakrie, hingga cucu Mochtar Riady yakni John Riady.

Selain itu ada pula Direktur Toba Bara yang juga keponakan Luhut Binsar Pandjaitan yakni Pandu Patria Sjahrir, pemilik Adaro Garibaldi Tohir, Michael Soeryadjaya (Saratoga Investama Sedaya), Michael Widjaja (Sinar Mas), Richard Halim Kusuma (Agung Sedaya Group).

Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi Ahmad Erani Yustika yang menemani Presiden mengatakan selain masalah ekonomi, mereka juga mengapresiasi Jokowi dalam menjaga keberagaman saat ini. Presiden juga mendengarkan aspirasi para anak konglomerat tersebut. Apalagi diperkirakan dalam hitungan tahun mereka akan mengisi tampuk tertinggi bisnis keluarganya.

 “Kebetulan yang datang itu generasi kedua dan ketiganya,” kata dia. (Baca: Kumpulkan 40 Konglomerat, Jokowi Minta Devisa Ekspor Dibawa ke RI)

 Sedangkan anak dari Anthoni Salim yakni Axton Salim mengatakan pembicaraan juga menyinggung ekonomi dan investasi. Meski enggan menyebut sektor apa, bos Indofood tersebut mengaku siap menanamkan modal kembali di Tanah Air.  “Presiden juga terbuka dengan masukan kami,” kata dia.

 Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia Rosan Perkasa Roeslani yang turut hadir menemani para anak dan cucu pengusaha ini mengatakan di saat sulit seperti sekarang, Jokowi minta komunikasi pemerintah dengan pengusaha tetap dijaga. Oleh sebab itu peningkatan investasi dan ekspor menjadi salah satu langkah andalan. “Misalnya industri polychemical (bahan baku plastik),” kata dia.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha