Dari 3 Nama, Kementerian BUMN Sebut Nicke Calon Bos Pertamina

Penulis: Ameidyo Daud

Editor: Safrezi Fitra

Selasa 28/8/2018, 20.52 WIB

"Nanti Presiden yang memutuskan," kata Deputi Bidang Industri Pertambangan, Strategis, dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno

Pertamina
Katadata | Arief Kamaludin

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyebutkan ada tiga nama calon Direktur Utama PT Pertamina (Persero) yang telah selesai diseleksi. Ketiganya berasal dari dalam (internal) dan luar (eksternal) induk BUMN sektor migas tersebut.

Dari tiga nama ini, Deputi Bidang Industri Pertambangan, Strategis, dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno mengatakan salah satunya Nicke Widyawati. Saat ini Nicke menjabat Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Pertamina. Ketiga nama calon sudah diserahkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Nantinya Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan memutuskan siapa calon yang akan menjabat sebagai bos Pertamina. Meski belum memastikan kapan, namun Fajar mengatakan tahapan yang harus dilalui Kementerian BUMN telah selesai. (Baca: Nicke dan Amien Sunaryadi, Calon Kuat Dirut Baru Pertamina)

"Nanti Presiden yang memutuskan," kata Fajar di Jakarta, Selasa (28/8). Namun, dia belum bisa memastikan kapan Jokowi akan memutuskannya. Saat ini Kementerian BUMN telah menyelesaikan seluruh tahapan proses seleksi calon bos Pertamina. 

Pemerintah dinilai perlu segera menetapkan Direktur Utama Pertamina yang definitif. Menurut Fajar, hal ini sangat penting mengingat hanya Dirut definitif yang bisa memutuskan proyek-proyek strategis perusahaan minyak plat merah tersebut. Banyak proyek yang tidak bisa dilaksanakan oleh pelaksana tugas saat ini.

Sumber katadata.co.id di pemerintahan mengatakan hingga akhir pekan lalu, Jokowi belum memutuskan nama calon Dirut Pertamina. Meski begitu, nama Nicke sebelumnya telah berselirewan di lingkungan Istana sebagai salah satu nama kandidat terkuat.

(Baca: Dirjen Migas Sebut Dirut Definitif Pertamina Sudah Ada)

Bahkan, Nicke sebagai salah satu kandidat kuat Dirut Pertamina, telah menghadap Presiden pada awal Agustus di Istana Kepresidenan, Jakarta. Pertemuan yang berlangsung kurang lebih satu jam itu salah satu tujuannya untuk mewawancarai Nicke. “Soal pemanggilan memang untuk membahas Pertamina 1 (Direktur Utama). Calon kuatnya memang Nicke," kata sumber tersebut.

Berdasarkan informasi yang diperoleh katadata.co.id, ada empat nama yang sudah ada di meja Presiden Jokowi. Mereka adalah Amien, Nicke, Direktur Utama PT Semen Indonesia Hendi Prio Santoso, dan mantan Direktur Pemasaran & Niaga Pertamina Hanung Budya.

(Baca: Djoko Siswanto Ikut Uji Kelayakan Menjadi Jajaran Direksi Pertamina)

 

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha