Dari 3 Nama, Kementerian BUMN Sebut Nicke Calon Bos Pertamina

Ameidyo Daud Nasution
28 Agustus 2018, 20:52
Pertamina
Katadata | Arief Kamaludin

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyebutkan ada tiga nama calon Direktur Utama PT Pertamina (Persero) yang telah selesai diseleksi. Ketiganya berasal dari dalam (internal) dan luar (eksternal) induk BUMN sektor migas tersebut.

Dari tiga nama ini, Deputi Bidang Industri Pertambangan, Strategis, dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno mengatakan salah satunya Nicke Widyawati. Saat ini Nicke menjabat Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Pertamina. Ketiga nama calon sudah diserahkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Nantinya Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan memutuskan siapa calon yang akan menjabat sebagai bos Pertamina. Meski belum memastikan kapan, namun Fajar mengatakan tahapan yang harus dilalui Kementerian BUMN telah selesai. (Baca: Nicke dan Amien Sunaryadi, Calon Kuat Dirut Baru Pertamina)

"Nanti Presiden yang memutuskan," kata Fajar di Jakarta, Selasa (28/8). Namun, dia belum bisa memastikan kapan Jokowi akan memutuskannya. Saat ini Kementerian BUMN telah menyelesaikan seluruh tahapan proses seleksi calon bos Pertamina. 

Pemerintah dinilai perlu segera menetapkan Direktur Utama Pertamina yang definitif. Menurut Fajar, hal ini sangat penting mengingat hanya Dirut definitif yang bisa memutuskan proyek-proyek strategis perusahaan minyak plat merah tersebut. Banyak proyek yang tidak bisa dilaksanakan oleh pelaksana tugas saat ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...