Jadi Holding, Pertamina Miliki Pipa Gas Terbesar di Asia Tenggara

Anggita Rezki Amelia
28 Agustus 2018, 19:31
pipa gas pertamina
Arief Kamaludin|Katadata

PT Pertamina (Persero) mengklaim memiliki jaringan pipa gas terpanjang di Asia Tenggara. Penyebabnya adalah pembentukan induk usaha (holding) badan usaha. Apalagi proses holding juga akan mengintegrasikan PT Perusahaan Gas Negara (PGN) dan PT Pertamina Gas (Pertagas).

Direktur Pemasaran Korporat Pertamina Basuki Trikora Putra mengatakan dengan holding jaringan pipa bisa mencapai 9.600 kilometer (km). “Pipa terpanjang di Asia Tenggara,” kata dia di Jakarta (28/8).

Pembentukan holding ini juga diharapkan dapat menciptakan potensi pertumbuhan bisnis gas tujuh hingga sembilan persen selama lima tahun ke depan. Adapun, volume transmisi gabungan sebesar 2627 Juta kaki kubik standar per hari (MMSCFD) di seluruh jaringan PGN dan Pertagas.

Menurut Tiko, perusahaan akan melakukan beberapa langkah strategis untuk memanfaatkan holding.  Pertama, meningkatkan pasokan gas domestik. Lalu, meningkatkan efektivitas dan keberlanjutan distribusi gas. Kemudian, mengoptimalkan pemanfaatan infrastruktur yang ada selanjutnya membangun di area baru serta meningkatkan kapasitas untuk berinvestasi.

"Saat ini, kami masih pada tahap awal integrasi, tetapi kami sudah melihat ada peluang yang sangat besar untuk penciptaan nilai ke depan,"kata Tiko.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...