Jokowi dan KEIN Bahas Tantangan Ekonomi Hingga Insentif Industri

Ameidyo Daud Nasution
28 Agustus 2018, 17:49
Presiden Jokowi
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) ke Istana Negara. ada beberapa hal yang dibahas yang dalam pertemuan tersebut, mulai dari kondisi terkini dan tantangan perekonomian Indonesia ke depan, hingga insentif yang dibutuhkan industri.

Hadir dalam rombongan KEIN antara lain Soetrisno Bachir, Haryadi Sukamdani, Hendri Saparini, Sudhamek A.W.S., Benny Soetrisno, hingga Johnny Darmawan. Sedangkan Jokowi ditemani oleh Staf Ahli Presiden Bidang Ekonomi Ahmad Erani Yustika.

Usai pertemuan, Erani mengatakan KEIN meminta Jokowi memberi perhatian untuk memacu ekspor dan memangkas defisit transaksi berjalan. Salah satunya dengan meningkatkan kemampuan industri dengan memberikan insentif. "Belum dijelaskan insentifnya seperti apa, tapi pemerintah akan mempelajari kembali," kata Erani yang ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (28/8).

(Baca: Jokowi Kumpulkan Anak dan Cucu Konglomerat Bahas Tantangan Ekonomi RI)

Jokowi, kata Erani, mendengarkan masukan KEIN dalam pengelolaan defisit yang lebih baik, memperbaiki nilai tukar, dan menggenjot produksi barang domestik. Masukan dan saran tersebut akan dijadikan bahan diskusi dalam rapat terbatas dengan anggota Kabinet.

"Di luar itu, Presiden menyampaikan Online Single Submission (OSS) mau dikawal penyempurnaannya hingga daerah," kata Erani.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...