Pengaliran Gas Bumi dari Blok A di Aceh Menanti Regulasi Harga

Anggita Rezki Amelia
Oleh Anggita Rezki Amelia - Fariha Sulmaihati
28 Agustus 2018, 18:47
pipa gas Pertamina
Arief Kamaludin|KATADATA

Gas bumi dari Blok A di Aceh hingga kini belum bisa mengalir. Padahal, PT Medco E&P Malaka sudah menyelesaikan fasilitas produksi dari blok tersebut sejak April 2018. Target pemerintah untuk mengalirkan gas tersebut pada Agustus ini pun terancam meleset.

Jalan berliku untuk mengalirkan gas dari bumi Aceh pun harus ditempuh. Awalnya, Medco dan Pertamina sudah sepakat untuk jual beli gas tersebut. Gas ini pun akan dipasok ke PT Pupuk Iskandar Muda (PIM). Volumenya sekitar 58 mmscfd.

Advertisement

Namun, di tengah jalan, skema itu berubah. Gas dari Blok A tidak bisa dialirkan ke pabrik pupuk tersebut. Alasannya, jika dialirkan gas tersebut akan melawan arus pipa.

Agar gas itu bisa mengalir ke Pupuk Iskandar Muda, Pertamina harus membangun pipa baru. Jika, cara itu ditempuh, mau tidak mau, perusahaan pelat merah itu harus merogoh kantongnya lebih dalam lagi.

Pertamina pun akhirnya enggan mengambil jalan itu. Tak mau kehilangan akal, perusahaan milik negara itu menawarkan skema tukar guling (swap). Jadi, Pupuk Iskandar Muda tak akan menerima gas dari Blok A. Mereka akan mendapatkan pasokan dari PT Pertamina Arun Gas (PAG) yang juga berada di Lhokseumawe.

Adapun, gas dari Blok A yang seharusnya dipasok ke PIM akan ditawarkan ke PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero). Dengan skema itu, harapannya, gas dari blok tersebut bisa segera mengalir.

Apalagi dari segi hulu Medco sudah siap mengalirkan gas kepada konsumen. "Tinggal buka keran, secara teknis sisi hulunya sudah okay. Paling cepat tuh harusnya bulan lalu, kita harapkan minggu ini sudah selesai," kata Spesialis Madya Bisnis Manajemen Direktorat Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas), Azhari Idris, kepada Katadata.co.id, di Jakarta, Senin (27/8).

Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko Pertamina Gigih Prakoso tidak membantah ada perubahan skema dalam penyaluran gas dari Blok A. Secara teknis, gas itu memang tidak bisa mengalir ke Pupuk Iskandar Muda melalui pipa Pertamina.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement