Teknologi EOR Diterapkan Secara Penuh di Blok Rokan Tahun 2024

Anggita Rezki Amelia
28 Agustus 2018, 22:06
Ladang Minyak
Chevron

PT Pertamina (Persero) menargetkan program produksi tingkat lanjut (Enhanced Oil Recovery/EOR) secara penuh (full scale) di Blok Rokan bisa diterapkan 2024. Ini untuk menopang produksi blok tersebut setelah kontrak berakhir 2021 dan pengelolaannya beralih dari Chevron ke Pertamina.  

Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam mengatakan tahun pertama mengelola Blok Rokan tidak langsung menerapkan teknologi itu. Perusahaan pelat merah ini hanya melakukan pengeboran sumur pengembangan, pengerjaan ulang sumur, dan steam flooding.

Advertisement

Selain itu, di awal pengelolaan Rokan nantinya Pertamina akan mengoptimalkan agar kadar air yang terangkat saat memproduksi minyak (water cut) bisa semakin optimal. "Pertamina itu di tahap awal tidak langsung dengan EOR," kata Syamsu di Jakarta, Selasa (28/8).

EOR itu akan diterapkan di tujuh titik Lapangan Minas. Namun, masih sebatas uji coba dan belum dilakukan penuh. Uji coaba ini untuk mengetahui berapa potensi tambahan minyak yang bisa diperoleh Pertamina dengan memakai EOR.

Syamsu memperkirakan tambahannya sekitar 100 ribu barel per hari (bph). Hasil uji coba itu baru terlihat tahun 2028 setelah dilakukan tahun 2024.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement