Nicke Resmi Jadi Direktur Utama Pertamina

Anggita Rezki Amelia
29 Agustus 2018, 09:42
Nicke
ANTARAFOTO | Widodo S. Jusuf
Plt Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati bersama Menteri ESDM Ignasius Jonan saat pembukaan acara Pertamina Digital Expo di Jakarta, 25 April 2018.

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah memutuskan direksi baru PT Pertamina (Persero). Posisi Direktur Utama kini dijabat Nicke Widyawati. Posisi ini sudah kosong sekitar empat bulan setelah Elia Massa Manik dicopot.

Nicke dilantik berdasarkan Surat Keputusan RUPS SK 232/MBU/08/2018, tanggal 29 Agustus 2018. Isinya tentang Pengalihan Tugas, Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pertamina.

Komisaris Utama Pertamina Tanry Abeng mengatakan Nicke direkomendasikan karena sudah empat bulan menjabat menjadi Pelaksana Tugas Direktur Utama Pertamina. Sehingga dianggap sudah memiliki pengalaman. "Bagi saya itu lebih mudah, daripada interview lagi," kata dia, di Kementerian BUMN, Rabu (29/8).

Nicke menjabat Pelaksana tugas Direktur Utama Pertamina sejak Elia Massa Manik lengser 20 April 2018.  Lulusan Institut Teknologi Bandung ini sebelum di Pertamina berkarier sebagai Direktur Perencanaan Korporat PT PLN (Persero).

Nicke juga pernah menjadi Direktur Utama PT Mega Eltra. Kemudian Direktur Bisnis dan Vice President Corporate Strategy Unit (CSU) di PT Rekayasa Industri (Rekind).

Tanri juga meminta agar posisi direktur utama tidak sering diganti. "Tolong direktur utama definitif ini tak diganti melulu, minimal lima tahun untuk memberikan kesempatan," ujar dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...