Polmark: Kemenangan Pilpres Ditentukan Dukungan Generasi Millenial

Dimas Jarot Bayu
29 Agustus 2018, 16:39
kampanye partai
ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho
Ilustrasi kampanye parpol.

Lembaga riset Polmark Indonesia menilai generasi millenial bakal mempengaruhi kontestasi politik dalam Pemilu Serentak 2019. Polmark menilai pemilih di Indonesia dengan rentang umur 19-35 tahun bakal mendominasi.

Direktur Riset PolMark Indonesia Eko Bambang Subiyantoro mengatakan, saat ini mayoritas pemilih di Indonesia berasal dari generasi millenial. Catatan Polmark, setidaknya ada 82 juta generasi millenial di Indonesia. Jumlah tersebut mencapai 31,28% dari total penduduk sebanyak 262 juta jiwa.

Dengan dominasi generasi millenial tersebut, Eko menilai partai politik dan para kandidat dalam Pemilu 2019 harus mampu mengorientasikan dirinya kepada pemilih dari generasi millenial.

"Memenangkan Pemilu 2019 untuk sebagian besar bermakna memenangkan aspirasi generasi millenial," kata Eko di Sofyan Hotel, Jakarta, Rabu (29/8).

(Baca juga: Jokowi dan Sandi Saling Berebut Suara Milenial di Pilpres 2019)

Telepon genggam jadi alat komunikasi

Menurut Eko, dominasi generasi millenial membuat partai politik dan para kandidat harus pula mempertimbangkan peran komunikasi digital dalam Pemilu 2019. Sebab, mereka memiliki karakteristik untuk berekspresi dan berinteraksi dengan lingkungannya melalui media sosial.

Terlebih lagi, saat ini penggunaan alat komunikasi personal semakin tinggi. Survei provinsi Polmark menyatakan sebanyak 51,5% masyarakat di Jawa telah menggunakan telepon genggam. Sementara 13,8% masyarakat di Jawa telah menggunakan telepon pintar (smartphone).

Hanya 26,6% masyarakat di Jawa yang mengaku belum menggunakan telepon genggam maupun smartphone.

Begitu juga dengan karakteristik masyarakat Sumatera. Sebagian besar atau sebanyak 58,5% telah menggunakan telepon genggam dan hanya 16,7% yang menggunakan smartphone.

(Baca juga: CEO Go-jek dan Bukalapak Diajak Gabung Tim Kampanye Jokowi-Ma'ruf)

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...