Eni Siapkan Rp 5,5 Triliun untuk Bor Enam Sumur di Blok East Sepinggan

Anggita Rezki Amelia
30 Agustus 2018, 18:21
Rig
Katadata

Perusahaan minyak dan gas bumi (migas) asal Italia, Eni, berencana akan mengebor enam sumur di Blok East Sepinggan, Kalimantan Timur. Biaya untuk pengeboran enam sumur itu mencapai US$ 379 juta atau Rp 5,5 triliun.

Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Wisnu Prabawa Taher mengatakan nilai investasi itu tergolong besar karena sumur berada di lepas pantai, tepatnya Lapangan Merakes. Namun, dengan biaya investasi itu diharapkan bisa menemukan hidrokarbon di sumur tersebut.

Adapun pengeboran ini akan dikerjakan tahun depan. "Pengeboran East Sepinggan dijadwalkan Maret 2019," ujar dia kepada Katadata.co.id, Kamis (30/8).

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar pernah mengatakan nilai Proyek Merakes berhasil dipangkas sebesar US$ 1,08 miliar atau sekitar Rp 15 triliun. “Itu operational expenditure dan capital expenditure. Eni juga setuju,” kata dia di Jakarta, Kamis (31/5).

Dengan pemangkasan itu maka penggantian biaya operasional kontraktor yang harus dibayarkan pemerintah (cost recovery) juga berkurang. Akan tetapi, pemangkasan itu tidak mengubah kapasitas produksi migas dari proyek tersebut.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...