OJK Ramal Dinamika Pasar Keuangan Berlanjut

Image title
30 Agustus 2018, 16:34
OJK
Agung Samosir | Katadata

Otoritas Jasa Keuangan memproyeksikan, fluktuasi pasar keuangan tetap terjadi seiring ketidakpastian perekonomian global. Perkembangan suku bunga dan likuiditas global, gejolak pasar keuangan negara berkembang, serta tensi perang dagang diwaspadai OJK.

(Baca juga: Perang Dagang, RI Incar Pasar Produk Tekstil Tiongkok di AS)

Deputi Komisioner Manajemen Strategis dan Logistik OJK Anto Prabowo mengatakan, dampak kondisi tersebut terhadap likuiditas pasar keuangan dan kinerja sektor jasa keuangan domestik terus menjadi fokus perhatian otoritas.

“OJK akan mengambil langkah-langkah kebijakan yang diperlukan untuk menjaga stabilitas sektor jasa keuangan nasional serta memperkuat koordinasi dengan lembaga-lembaga terkait,” katanya melalui siaran pers, Kamis (30/8).

Sejauh ini, OJK menilai bahwa stabilitas dan likuiditas relatif terjaga di tengah gejolak pasar keuangan emerging markets. Realisasi pertumbuhan ekonomi dan laju inflasi per triwulan II/2018 dinilai terkendali. Aktivitas bisnis juga dianggap kondusif tercermin dari kinerja emiten yang sebagian besar mengukir perbaikan.

Namun, otoritas tak menampik adanya peningkatan tekanan di pasar keuangan emerging markets. Situasi ini terimbas sentimen terhadap tren penaikan suku bunga acuan bank sentral Amerika Serikat dan krisis keuangan di Turki.

(Baca juga: Ekonom Peringatkan Risiko Perebutan Dana di Pasar Keuangan)

Kendati demikian, per 24 Agustus 2018 pasar modal domestik tampak relatif stabil. Indeks harga saham gabungan (IHSG) mengukir penguatan 0,5% secara month to date ditopang masuknya investor lokal.

Sampai dengan Juli tahun ini penghimpunan dana oleh korporasi mencapai Rp 108 triliun, dengan tambahan emiten baru sebanyak 35 perusahaan. Total dana kelolaan investasi menyentuh Rp 727,6 triliun, naik 4,63% dibandingkan dengan pengujung tahun lalu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...