Pemerintah Kaji Insentif untuk Panel Surya di Atap

Image title
30 Agustus 2018, 20:29
Panel Surya PLN
Donang Wahyu|KATADATA
Petugas PLN mengecek panel surya di rumah pelanggan di Jalan Mangunsankoro, Menteng, Jakarta Pusat. Hingga saat ini sudah ada sejumlah pelanggan yang memanfaatkan panel surya dan melakukan barter energi listrik dengan PLN.

Pemerintah tengah menyiapkan insentif untuk penggunaan panel surya penghasil listrik yang ada di atap (rooftop). Tujuannya untuk mendorong penggunaan pembangkit listrik tenaga matahari tersebut.

Kepala Seksi Keteknikan Aneka Energi Baru Terbarukan Konvergensi Kementerian ESDM Ezrom MD Tapparan mengatakan ada dua hal yang disiapkan untuk menggairahkan penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Pertama, aturan mengenai panel surya. Kedua, insentif.

Advertisement

Ezrom enggan menjelaskan insentif apa yang diberikan. Yang jelas, insentif itu akan terpisah dengan aturan yang tengah digodok Kementerian ESDM. "Tidak hanya memeberikan kebijakan tapi intensif bagi yang menggunakan PLTS atap di rumahnya masing-masing," kata dia, di Jakarta, Kamis (30/8).

Harapannya tahun ini sudah ada beberapa instansi yang memasang panel surya. Targetnya bisa dipasang di Istana Negara dan gedung pemerintah, termasuk Kementerian ESDM.

Informasi yang diperoleh Katadata.co.id, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memang sedang membahas mengenai pemberian insentif dengan Kementerian Keuangan. Beberapa insentif itu di antaranya pengurangan Pajak Penghasilan (PPh), Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), dan Pajak Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM).

Di sisi lain, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) (PLN) memperkirakan pemakaian panel listrik tenaga surya yang dipasang di atap (PLTS Rooftop) dapat mengancam penjualan listrik. Ini karena pelanggan PLN bisa menghasilkan listrik sendiri, terutama di siang hari.

Direktur Perencanaan Korporat PLN Syofvie F. Roekman mengatakan pemakaian panel di atap membuat konsumsi listrik berkurang. ”Pasti mengurangi pemakaian, tapi kami di PLN tidak bisa bilang tak boleh," kata dia di Jakarta, Jumat (3/8).

(Baca: Panel Surya Ancam Bisnis PLN)

Adapun, selama enam bulan terakhir konsumsi listrik PLN mencapai 112,46 Tera Watt hour (TWh) atau tumbuh 4,71% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Namun capaian tersebut masih lebih rendah dari target tahun ini yang mencapai 239 Twh.

Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement