Menpora Indonesia-Malaysia Sepakat Tingkatkan Kerjasama

Tim Publikasi Katadata

Jum'at 31/8/2018, 10.41 WIB

Menpora Indonesia dan Menteri Belia dan Sukan (Menpora) Malaysia bersepakat untuk terus membangun komunikasi, kebersamaan,dan persahabatan antar dua bangsa

Imam Nahrawi dan Syed Saddiq Syed Abdul Rahman
Katadata

Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi dan Menteri Belia dan Sukan (Menpora) Malaysia Syed Saddiq Syed Abdul Rahman, bersepakat untuk terus membangun komunikasi, kebersamaan, dan persahabatan antar dua bangsa melalui kerjasama kepemudaan dan keolahragaan. Kesepakatan ini disampaikan saat Imam Nahrawi menerima kunjgunan Mensukan Syed Saddiq di ruang kerja lantai 10 Graha Pemuda, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (30/8) malam.

 

Sebagai sesama negara serumpun, persahabatan dan sikap saling menghormati antara Indonesia dengan Malaysia sudah terjalin sejak lama. Di bidang kepemudaan pernah dilakukan pertukaran pemuda, meski beberapa tahun terakhir ada jeda, karena berbagi dengan negara lain di kawasan ASEAN. Kedua menteri memandang hal tersebut sangat layak untuk dibuka kembali. "Pertukaran pemuda Indonesia-Malaysia yang dulu berjalan baik kita adakan kembali, dan untuk menginap kita ubah tidak di hotel tetapi di rumah-rumah penduduk agar lebih dekat lagi mengenal budaya dan kearifan kedua bangsa," pinta Menpora Nahrawi yang langsung disambut baik oleh Mensukan Saddiq.

 

Di bidang keolahragaan, Menpora mengusulkan untuk membuat turnamen olahraga di perbatasan-perbatasan kedua negara. Model turnamen bola voli seperti di Kepulauan Riau yang selalu diikuti Malaysia, bisa dikembangkan lagi di wilayah Malaysia bagian timur yang berada di Pulau Kalimantan. "Kita buat turnamen olahraga bersama seperti sepakbola, bola voli, atau lainnya di Kuching yang berbatasan dengan Kaltara,” lanjut Nahrawi. Menurutnya olahraga akan menjadi pemersatu, apalagi untuk saling menghormati di daerah perbatasan. “Kita jalin terus komunikasi, jika ada persoalan dapat segera diatasi dengan baik," tambah Menpora.

 

Mensukan juga mengucapkan selamat atas  keberhasilan Indonesia mendapat 30 emas di Asian Games. “Saya sudah 3 kali datang, saya berhutanng budi kepada para volunteer yang menyambut dari datang, di hotel, di venue, hingga mengantar hingga bandara, sangat baik. Transportasi dan makanan untuk atlet tidak ada masalah, semua baik," tambah Menteri Belia dan Sukan Saddiq. Kedua menteri saling memberikan apresiasi dan menyampaikan mengidolakan pimpinan dua negara.

 

Pertemuan keduanya diakhiri dengan main catur dan makan malam bersama. Hadir mendampingi, Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Mulyana, Staf Ahli Bidang Ekonomi Kreatif Jonni Mardizal. Adapun rombongan dari Malaysia, menghadirkan Protokol Siti Nurul Hidayah, Ahmad Redzuan Mohamed Shafi, dan Dato' Ahmad Shapawi.

 

Kementerian Pemuda dan Olahraga

Kementerian Pemuda dan Olahraga

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha