Saka Berencana Bor Sumur Ketiga di Lepas Pantai Jawa Timur

Anggita Rezki Amelia
1 September 2018, 07:00
Rig TKBY-2 Blok Pangkah Saka Energi
Saka Energi

PT Saka Energi Indonesia berencana mengebor sumur ketiga Blok Pangkah. Pengeboran di lepas pantai Jawa Timur ini untuk memastikan besaran cadangan minyak dan gas bumi (migas) yang ada di blok tersebut, setelah mengebor sumur kedua.

Manager Eksplorasi Saka Energi Indonesia Hotma Yusuf mengatakan pengeboran sumur ketiga tersebut berupa sumur appraisal. "Setelah sumur ini ada, kita masih melakukan pengeboran sumur berikutnya, yaitu sumur appraisal," kata dia di rig pengeboran sumur lepas pantai TKBY-2, Jawa Timur, Jumat (31/8).

Advertisement

Sumur appraisal adalah sumur yang dibor setelah ditemukannya migas. Tujuannya menetapkan batas reservoir minyak dan gas bumi, produktivitas sumur, serta ciri minyak dan gas bumi di suatu wilayah kerja.

Di tempat yang sama, Kepala Divisi Eksplorasi SKK Migas Shinta Damayanti mengatakan di struktur Tambakboyo yang menjadi struktur pengeboran sumur TKBY-2, sudah ada sumur pertama yang dibor 18 tahun oleh Premier. Namun, perusahaan asal Inggris itu tidak mengembangkan dan meninggalkannya.  

Setelah Saka mengelola Blok Pangkah, anak usaha PT Perusahaan Gas Negara (Tbk) ini mulai gencar melakukan eksplorasi. Salah satunya dengan mengebor sumur kedua bernama TKBY-2 di struktur Tambakboyo.

Sumur Eksplorasi TKBY-2 telah dibor Saka di lepas pantai Utara Jawa Timur pada Juli lalu. Pengeboran sumur ini telah mencapai kedalaman akhir pada 9.500 kaki. Di sumur ini, berhasil ditemukan keberadaan minyak bumi di beberapa lapisan.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement