KPK Tunggu Keterangan Dirut Pertamina soal Kasus PLTU Riau-1

Anggita Rezki Amelia
Oleh Anggita Rezki Amelia - Dimas Jarot Bayu
3 September 2018, 18:37
Dirut Pertamina Baru
ANTARA FOTO/Dok Pertamina/Adityo Pratomo
Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno (kanan) berjabat tangan dengan Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati (kiri) saat pengumuman pengangkatan Direksi Pertamina di Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (29/8/2018).

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati pada kasus dugaan suap pembangunan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap atau  PLTU Riau-1, Senin (3/9). KPK menunggu keterangan Nicke yang pernah menjadi Direktur Perencanaan Strategis 1 PT PLN (Persero) tersebut.

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan mengatakan, keterangan Nicke dibutuhkan sebagai saksi untuk mantan Menteri Sosial Idrus Marham yang telah menjadi tersangka. "Kalau penyidik memanggil saksi sudah pasti yang dibutuhkan keterangan tambahan terhadap keterangan-keterangan tersangka yang sekarang," kata Basaria di kantornya, Jakarta.

Advertisement

(Baca juga: KPK Tahan Idrus Marham dalam Kasus Suap PLTU Riau-1)

Meski demikian, hingga sore hari belum tampak tanda-tanda kehadiran Nicke ke gedung lembaga antirasuah itu. Juru bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, pihaknya juga belum mendapat surat pemberitahuan terkait absennya Nicke. 

"KPK masih menunggu kedatangan saksi hingga sore ini," kata Febri. 

Saat dikonfirmasi mengenai kehadirannya di KPK, Nicke tidak mau berkomentar apapun. Dari pantauan katadata.co.id, Nicke tampak meninjau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) milik Pertamina di kawasan Kuningan, Jakarta, Senin (3/9). Kunjungannya itu dalam rangka meninjau penyaluran program pencampuran biodiesel 20% untuk bahan bakar solar (B20) di SPBU Pertamina.

Nicke tiba di lokasi tersebut pada pukul 15.37 WIB. Padahal dia dijadwalkan untuk hadir pada peninjauan SPBU tersebut pada pukul 13.00 WIB.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement