Dolar AS Terus Menguat, Masyarakat Mulai Ramai Tukar Dolar

Michael Reily
4 September 2018, 18:53
Penukaran uang dolar AS
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto
Penukaran uang dolar AS di sebuah gerai Kegiatan Usaha Penukaran Valuta Asing Bukan Bank (KUPVA BB) di Malang, Jawa Timur, Kamis (23/2).

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) tengah menjadi sorotan.  Rupiah terus menempati  posisi terlemah sejak krisis finansial 1998 pada level Rp 14.900, mulai menuai respon masyarakat yang ingin menukarkan dollar menjadi pundi-pundi rupiah.

Berdasarkan pantauan Katadata , harga beli dolar AS di Piti Pili Money Changer, Tebet, Jakarta Selatan siang tadi  masih terpantau sebesar Rp 14.780. “Dolar (AS) naik terus, sekarang lebih tinggi dibandingkan kemarin,” kata seorang petugas berkerudung, Selasa (4/9).

Advertisement

Meski aktivitas tempat pertukaran itu tampak sepi, namun selepas pukul satu siang aktivitas peningkatan penukaran dolar sudah mulai tampak. Seorang pria paruh baya berpakaian rapi masuk untuk melakukan transaksi penukaran dolar AS.

Namun rupanya transaksi tak berjalan lancar sebab petugas pun memberikan jawaban bahwa rupiah sedang kosong, sehingga harus menunggu. Demikian halnya untuk transfer uang. 

(Baca : Perang Dagang hingga Krisis Argentina Menekan Rupiah Mendekati 14.900)

Pria paruh baya yang enggan menyebut namanya itu tampak kecewa. Kepada Katadata dia bercerita bahwa telah mengantre lama hingga akhirnya menyerah di tempat penukaran uang sebelumnya yang berani membeli dolar AS dengan harga tinggi di kisaran harga Rp 14.890 per dolar AS.

Mendapatkan informasi tersebut, Katadata coba menyambangi tempat penukaran uang yang dimaksud yakni VIP di bilangan Cikini, Jakarta Pusat. Berdasarkan pantauan, tempat penukaran uang tersebut tampak sudah sangat ramai. Antrean panjang pun penyambut tamu yang baru datang.

Ketika Katadata datang, nomor antrean sudah mencapai angka 900-an. Orang-orang yang menunggu antrean transaksi pun hanya bisa duduk di lantai karena tidak mendapatkan kursi. Pada layar berjalan di money changer  VIP, tertera harga beli dolar AS senai Rp 14.940.

“Baru dua hari ini ramai banget, biasanya tidak seperti ini,” kata seorang petugas keamanan bernama Denny Fernandez.

Denny mengungkapkan, untuk 100 antrean bisa memakan waktu lebih dari 30 menit.

Beberapa orang yang mengantre pun masih memegang nomor jauh dari angka panggilan yang sedang bertransaksi. Terlihat seorang pasangan memegang antrean di angka 50-an, namun ketika hitungan antrean kembali memutar ke awal, pasangan itu memutuskan pergi.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement