Pasokan Berlebih, Harga Minyak ICP Agustus Turun ke Bawah US$ 70

Anggita Rezki Amelia
5 September 2018, 19:11
Sumur Minyak
Chevron

Harga minyak Indonesia (Indonesian Crude Price/ICP) periode Agustus 2018 turun 1,8%. Salah satu penyebabnya adalah peningkatan suplai minyak mentah dari negara-negara non OPEC.

Harga rata-rata minyak mentah Indonesia berdasarkan perhitungan Formula Indonesian Crude Price (ICP) bulan Agustus 2018 mencapai US$ 69,36 per barel. Padahal, bulan Juli 2018 bisa mencapaiUS$ 70,68 per barel.

Harga minyak Indonesia jenis Sumatra Light juga turun ke level US$ 70,02 per barel. Periode sebelumnya bisa menyentuh US$ 72,05 per barel.

Penurunan ini seiring dengan harga minyak di pasar internasional. Minyak Dated Brent turun sebesar US$ 1,73/ per barel menjadi US$ 72,62 per barel. West Texas Intermediate (Nymex) turun sebesar US$ 2,73 per barel menjadi US$ 67,85 per barel.

Harga minyak dari Basket OPEC juga dari US$ 73,27 per barel menjadi US$ 72,10 per barel. Kemudian jenis Brent (ICE) turun menjadi US$ 73,84 per barel dari sebelumnya US$ 74,95 per barel.

Penurunan harga minyak mentah utama di pasar Internasional mengalami penurunan yang diakibatkan oleh beberapa faktor yakni  peningkatan suplai minyak mentah dari negara-negara Non OPEC. Berdasarkan publikasi International Energy Agency (IEA) bulan Agustus 2018,  proyeksi suplai minyak mentah dari negara negara Non OPEC meningkat sebesar 2 juta barel per hari di tahun 2018 menjadi sebesar 59.9 juta barel per hari.

Publikasi OPEC bulan Agustus 2018 juga memprediksi hal yang sama. Peningkatan suplai minyak mentah dari negara negara Non OPEC disebabkan oleh peningkatan suplai minyak mentah di Amerika Serikat (AS). Suplai minyak mentah AS (shale oil) ini naik  karena kenaikan harga minyak di bulan sebelumnya.

Selain itu, terdapat peningkatan produksi minyak mentah Brazil dari 11 proyek baru di daerah Santos Basin yang diprediksi menyimpan cadangan minyak yang besar. Peningkatan produksi juga terjadi di Kanada  Rusia, Meksiko dan Norwegia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...