Sandiaga Uno Sebut Penyebab Devisa Hasil Ekspor Parkir di Luar Negeri

Dimas Jarot Bayu
6 September 2018, 17:09
Pelabuhan Ekspor
Agung Samosir|KATADATA
Kegiatan pelabuhan ekspor.

Bakal calon wakil presiden Sandiaga Uno menyoroti soal devisa hasil ekspor (DHE) yang masih terparkir di luar negeri. Dia mengatakan sebagian besar DHE terparkir di luar negeri akibat ketidakpastian usaha di Indonesia.

Sandi mengungkapkan pemerintah hingga saat ini belum bisa memberikan kemudahan dan insentif sehingga DHE masuk ke dalam negeri. "Tidak ada kebijakan yang berpihak kepada dunia usaha," kata Sandiaga di Plaza Senayan, Jakarta, Kamis (6/9).

Advertisement

Sebaliknya, Sandi menilai pemerintah malah memberikan disinsentif terhadap para pelaku usaha membawa pulang DHE. Salah satunya dengan besarnya pajak penghasilan atas bunga deposito dan tabungan dari DHE.

(Baca: Kumpulkan 40 Konglomerat, Jokowi Minta Devisa Ekspor Dibawa ke RI).

Selain itu, pengusaha khawatir dengan wacana pemberian sanksi penahanan ekspor yang sempat diterapkan pada 2011. Padahal, besarnya pajak tersebut dapat membuat volume DHE yang masuk ke dalam negeri berkurang.

"Karena mereka menunda konversi, itu menambah spekulasi juga," kata Sandiaga.

Sandiaga mendorong pemerintah memberikan insentif dan menerapkan reformasi ekonomi secara struktural untuk memudahkan para pelaku usaha memasukkan DHE ke dalam negeri.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement