Bank Dunia Ungkap Rahasia Turki Kembangkan Panas Bumi

Anggita Rezki Amelia
7 September 2018, 16:52
Bank Dunia
Arief Kamaludin | Katadata

Bank Dunia (World Bank) mengungkapkan rahasia Turki dalam mengembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP). Ada beberapa terobosan yang dilakukan Turki agar investasi sektor panas bumi masuk.

Dalam waktu 10 tahun sejak 2007, kapasitas terpasang pembangkit panas bumi sudah mencapai di atas 800 Mega Watt (MW). “Kami lihat Turki bergerak cepat," kata Senior Energy Specialist/ Task Team Leader World Bank, Peter Johansen dalam acara The 6th Indonesia International Geothermal Convention & Exhibition 2018, di Jakarta, Jumat (7/9).

Menurut Peter, setidaknya ada enam faktor utama yang membuat investasi di sektor panas bumi berkembang cepat. Pertama, adanya reformasi hukum yang dilakukan Turki, yakni terkait payung hukum mengenai panas bumi yang dikeluarkan pada tahun 2007.

Kedua, memakai skema harga feed in tariff (subsidi) mulai tahun 2010. Di Indonesia, justru skema ini dihapus.

Ketiga, meningkatkan peran sektor swasta nasional yang kuat sehingga memiliki kemampuan mengerjakan proyek panas bumi. Keempat, kapasitas teknis dan manusia.

Kelima, pembiayaan komersial untuk proyek-proyek energi  terbarukan dengan dukungan International Financial  Institutions (IFIs).Keenam, ketersediaan ladang  panas bumi yang bisa digali secara publik melalui Penelitian Mineral dan Eksplorasi (MTA).

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...