Komisi X DPR RI Selamati Menpora

Image title
Oleh
7 September 2018, 12:49
Komisi X DPR dan Kemenpora
Katadata

Jakarta- Komisi X DPR RI memberi ucapan selamat atas suksesnya penyelenggaraan Asian Games 2018 sekaligus perolehan prestasi Indonesia di ajang tersebut. "Atas nama seluruh Komisi X DPR RI, selamat dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada pemerintah khususnya Kemenpora, para atlet yang berjuang dengan semangat tinggi, dan kepada masyarakat yang terus mendukung dan mendoakan sehingga Asian Games sukses,” kata Ketua Komisi X Djoko Udjianto saat membuka rapat kerja  dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi. Rapat Kerja berlangsung di ruang Rapat Komisi X Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (6/9).  “Pak Menteri dan jajaran sudah bekerja tanpa kenal lelah sehingga awalnya target 10, terus 7, dan akhirnya tercapai 4 besar Asia," lanjut Djoko Udjianto dalam rapat yang membahas Rencana Kerja & Anggaran Kementerian Negara/Lembaga (RKAKL) 2019 dan usulan program-program yang didanai Dana Alokasi Khusus (DAK) tersebut.

Raihan Indonesia di posisi 4 Asian Games 2018, dengan porelahan medali  31 emas 24 perak dan 43 perunggu melebihi target yang disepakati dalam Raker/RDPU dengan Komisi X DPR RI, yang menargetkan posisi 7 besar. Keberhasilan ini tidak lepas dari peran serta berbagai pihak dalam proses pembinaan olahraga yang berdasar pada UU No 3/2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional (SKN). Dan khusus menyongsong Asian Games ada penerbitan Perpres No 5/2017 tentang Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional (PPON) sebagai pengganti Perpres No 44/2014 tentang Program Indonesia Emas (PRIMA). Perpres tersebut memberikan porsi teknis operasional yang lebih besar kepada Kemenpora dalam peningkatan prestasi olahraga.

Atas pernyataan DPR Menpora menyampaikan terima kasih. “Tidak ada kesuksesan tanpa dukungan berbagai pihak termasuk dukungan seluruh pimpinan dan anggota Komisi X DPR RI baik dari segi penganggaran dan pengawalan sehingga Asian Games sukses,” kata Imam Nahrawi seuai rapat.  Menpora juga meminta dukungan DPR untuk penyelenggaraan Asian Para Games 2018, agar sukses dan masuk 7 besar dengan 17 medali.

Sementara itu, Komisi X DPR RI memberikan sejumlah pandangan dan sikap sebagai bagian keputusan raker. Pertama menyetujui Pagu Anggaran (Sementara) Rp 1.951.091.970.000,-. Kedua, mendorong Kemenpora RI untuk memperbaiki usulan tambahan Rp 935.850.000.000,- dengan melengkapi persyaratan yang segera disampaikan ke Menteri BPN/Kepala Bappenas dan Menteri Keuangan RI serta ditembuskan kepada Komisi X DPR RI. 

Ketiga, terhadap Pagu Anggaran (Sementara) dan usulan tambahan, sehingga total usulan Pagu Alokasi (definitif) menjadi Rp.2.886.941.970.000,- diminta untuk memperhatikan sejumlah program strategis dan prioritas perhelatan olahraga. Antara lain SEA Games dan Asean Para Games Philipina 2019, PON dan Peparnas Papua 2020, serta Olimpiade dan Paralympic Tokyo 2020. Selain itu, Kemenpora diminta untuk memperhatikan keseimbangan program dan anggaran kepemudaan dengan keolahragaan. Sedangkan untuk alokasi DAK, Kemenpora diminta untuk memprioritaskan fasilitas bagi pengembangan prestasi olahraga utama, yang berjenjang sampai tingkat olimpiade.

Hadir dalam raker mendampingi Menpora, Sesmenpora Gatot S Dewa Broto, Deputi Pemberdayaan Pemuda Faisal Abdullah, Deputi Pengembangan Pemuda Asrorun Niam Sholeh dan Deputi Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta. Ada juga Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Mulyana, Stafsus Bidang Kepemudaan dan Anggaran Anggia Ermarini, Stafsus Bidang Keolahragaan Tommy Kurniawan, serta jajaran pejabat Kemenpora lainnya.

Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement