Pertamina Tak Lakukan Pengeboran di Blok SES Tahun Ini

Anggita Rezki Amelia
9 September 2018, 10:00
Blok Southeast Sumatra (SES)
Pertamina

PT Pertamina (Persero) tidak akan melakukan pengeboran sumur di Blok Southeast Sumatra (SES). Alasannya, masih perlu waktu untuk memetakan titik pengeboran terlebih dahulu di blok yang baru dikelola awal September 2018.

Senior Vice President Upstream Strategic Planning and Operation Evaluation Pertamina Meidawati mengatakan pengeboran akan dilakukan tahun depan setelah kajian selesai. "Kami kan baru memperoleh Blok SES.  Kami akan mencari informasi dulu," ujar dia kepada Katadata.co.id, Kamis (6/9).

Advertisement

Meski tak mengebor, Pertamina berupaya untuk mempertahankan agar produksi blok tersebut tidak turun. Salah satunya dengan mengelola produksi sumur (well intervention).

Blok SES resmi beralih ke Pertamina terhitung sejak pukul 00.00 WIB, Kamis (6/9). Wilayah Kerja ini dioperasikan PHE Offshore Southeast Sumatra (PHE OSES). Sebelumnya, blok ini dikelola perusahaan asal Tiongkok, CNOOC SES Ltd.

Seremoni alih kelola dilakukan di Pulau Pabelokan, Kab. Kepulauan Seribu yang menjadi salah satu lokasi penting dalam operasi lepas pantai di Wilayah Kerja SES. Seremoni alih kelola ditandai dengan pemakaian atribut Pertamina oleh pekerja. Selain itu ada penyerahan dokumen alih kelola kepada PHE OSES.

Direktur Hulu Pertamina Dharmawan Samsu berharap alih kelola itu bisa mendukung ketahanan energi. “WK SES memiliki nilai strategis dalam industri migas di tanah air dalam mendukung pencapaian target produksi nasional untuk mencapai ketahanan energi nasional,” ujar dia berdasarkan keterangan resminya, dikutip Kamis (6/9).

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement